REFLEKSI KETIDAKADILAN GENDER DALAM NOVEL CINTA DI DALAM GELAS KARYA ANDREA HIRATA

TALITA DYAH NR, 120911047 (2014) REFLEKSI KETIDAKADILAN GENDER DALAM NOVEL CINTA DI DALAM GELAS KARYA ANDREA HIRATA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-talitadyah-31024-7.abstr-k.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-talitadyah-31024-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian Ketidaakdilan Gender dalam novel Cinta di Dalam Gelas Karya Andrea Hirata ini mengkaji tentang bentuk ketidakadilan gender yang dialami tokoh perempuan di dalam novel, dan mengkaji bentuk refleksi ketidakadilan gender yang dialami oleh perempuan di dalam novel Cinta di Dalam Gelas terhadap kehidupan nyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra dan berpijak pada teori struktur. Penelitian diawali dengan mengidentifikasi data yang berkaitan dengan ketidakadilan novel Cinta di Dalam Gelas dengan memanfaatkan teori struktural melalui tema, sudut pandang narator, alur, tokoh dan penokohan, dan latar. Tahap kedua penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra, penelitian ini memperlihatkan bentuk refleksi ketidakadilan gender. Dalam penelitian ini diketahui bahwa novel Cinta di Dalam Gelas terdapat empat bentuk ketidakadilan yang menonjol dalam novel Cinta di Dalam Gelas antara lain streotip terhadap tokoh perempuan, subordinasi terhadap tokoh perempuan, kekerasan secara psikis terhadap tokoh perempuan. Berbagai ketidakadilan tersebut lambat laun memunculkan perlawanan tokoh perempuan atas situasi yang menimpanya, ditemukan bahwa ketidakadilan gender yang dialami oleh perempuan Belitong di dalam novel merupakan sebuah cerminan perlakuan masyarakat terhadap perempuan-perempuan tidak hanya di Belitong tetapi juga perempuan-perempuan lainnya di kehidupan nyata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI.11/14 Tal r
Uncontrolled Keywords: GENDER
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
TALITA DYAH NR, 120911047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPuji Karyanto, S.S., M.Hum., S.S., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 21 Apr 2014 12:00
Last Modified: 23 Aug 2016 03:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14496
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item