KEMAMPUAN PRODUKSI FONOLOGI BAHASA INDONESIA PADA ANAK PENYANDANG TUNARUNGU DI SLB AB KEMALA BHAYANGKARI II GRESIK SUATU KAJIAN PSIKOLINGUISTIK

DWI FATMALA SARI, 121011029 (2014) KEMAMPUAN PRODUKSI FONOLOGI BAHASA INDONESIA PADA ANAK PENYANDANG TUNARUNGU DI SLB AB KEMALA BHAYANGKARI II GRESIK SUATU KAJIAN PSIKOLINGUISTIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-saridwifat-34762-4.abstr-k.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2015-saridwifat-34762-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Kemampuan Produksi Fonologi Pada Anak Penyandang Tunarungu di Sekolah Luar Biasa AB Kemala Bhayangkari Gresik: Suatu Kajian Psikolinguistik”, bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berbahasa penyandang tunarungu secara fonologi khususnya dalam berbahasa Indonesia. Anak penyandang tunarungu memiliki kemampuan terbatas dalam berbahasa, hal ini dipicu oleh kerusakan indera pendengaran sebagai penangkap informasi utama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian in adalah simak libat cakap. Data yang diperoleh dengan cara observasi, teknik rekam dan catat. Hasil penelitian ini berupa deskripsi dari data pelafalan bunyi berdasarkan stimulus yang diberikan baik berupa gambar, maupun tulisan. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa anak penyandang tunarungu ringan dapat melafalkan alofol vokal dengan baik dan mendapat kesulitan pada pelafalan alofon konsonan di beberapa bagian bunyi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI. 62/14 Sar k
Uncontrolled Keywords: PRODUCTION phonology
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
DWI FATMALA SARI, 121011029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDra. Dwi Handayani , M. Hum, Dra., M. HumUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 07 Jan 2015 12:00
Last Modified: 24 Aug 2016 09:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14523
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item