POLA PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEREMPUAN DALAM BIDANG USAHA DAN KELUARGA (Studi Deskriptif tentang Istri Sebagai Pemilik Modal Industri Rumah Tangga Tas dan Kopor di Desa Kludan, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo)

IKA MAYA NURYANI, 070116445 (2009) POLA PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEREMPUAN DALAM BIDANG USAHA DAN KELUARGA (Studi Deskriptif tentang Istri Sebagai Pemilik Modal Industri Rumah Tangga Tas dan Kopor di Desa Kludan, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-nuryaniika-9774-fisant-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-nuryaniika-10280-fisant-9.pdf

Download (11kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya partisipasi perempuan dalam kegiatan industri tas dan kopor di wilayah Tanggulangin. Pada umumnya kegiatan industri ini dijalankan bersama oleh suami istri dan merupakan pekerjaan turun temurun. Diketahui bahwa modal usaha yang dilakukan bersama suami tersebut berasal dari istri. Sumbangan pribadi istri berupa modal ini kiranya akan mempengaruhi pola pengambilan keputusan istri di dalam keluarga dan bidang usaha. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengamatan, wawancara dan pengumpulan bahan dokumen sebagai teknik pengumpulan datanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dalam menjelaskan dan menggambarkan data yang telah didapat dan menganalisanya dengan teori yang sesuai. Pola pengambilan keputusan istri merupakan fokus bahasan penelitian ini. Penelitian ini dimulai dengan melihat profil para istri pemilik modal usaha di desa Kludan, Tanggulangin. Kemudian meneliti bagaimana pola pengambilan keputusan istri dalam keluarga dan bidang usaha. Selanjutnya mencari faktor- faktor penghambat istri dalam pengambilan keputusan pada keluarga dan bidang usaha. Dalam penelitian ini bukan hanya istri saja yang diteliti akan tetapi suami juga ikut diteliti. Kesimpulan penelitian ini adalah sumbangan pribadi istri berupa modal ke dalam keluarga tidak mengakibatkan peran istri dalam pengambilan keputusan menjadi lebih besar. Dari pola pengambilan keputusan diketahui bahwa terjadi ketidaksetaraan akses dan kontrol terhadap sumber daya keluarga. Adapun ketidaksetaraan ini terjadi karena adanya sikap ragu-ragu, tidak percaya diri, dan rasa ketergantungan yang tinggi terhadap suami. Sikap tersebut merupakan faktor penghambat utama bagi istri dalam pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fis Ant 08/09 Nur p
Uncontrolled Keywords: INDUSTRIAL HOUSING, DECISION MAKING
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6958.5-6976 Industrial relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
IKA MAYA NURYANI, 070116445UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Endah Kinasih, , S.Sos, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 10 Jun 2009 12:00
Last Modified: 27 Jul 2016 06:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14725
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item