EFEKTIVITAS DIASPORA FALUN GONG DALAM MEMBENTUK OPINI GLOBAL

Rommel Utungga Pasopati, 070710411 (2011) EFEKTIVITAS DIASPORA FALUN GONG DALAM MEMBENTUK OPINI GLOBAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
HI.04-12 Pas e abstrak.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
HI.04-12 Pas e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengaji efektivitas diaspora Falun Gong dalam membentuk opini global. Latar belakang penelitian ini dipaparkan mulai dari represi Pemerintah Komunis Cina (PKC) terhadap praktisi Falun Gong yang memaksa para praktisi untuk melakukan diaspora ke seluruh dunia. Diaspora ini bergerak dalam jaringan komunitas pelaku diaspora dan praktisi di AS dan Eropa. Meskipun demikian, jaringan tersebut tidak mampu menekan PKC untuk menghapuskan kebijakan pelarangan gerakan ini. Opini global muncul sebagai opsi menekan PKC. Keterkaitan antara diaspora Falun Gong dan opini global ini menjadi sudut pandang utama permasalahan yang ditelaah dalam penelitian ini; sejauhmana efektivitas diaspora Falun Gong mampu membentuk opini global. Permasalahan tersebut dianalisis dengan menghubungkan diaspora dan opini global yang dijembatani oleh teori global social movement oleh Donatella Della Porta dan Mario Diani. Kosmopolitanisme muncul sebagai fasilitas bagi diaspora dalam global social movement di ranah transnasionalisme. Global social movement membentuk opini global melalui mobilisasi opini publik dalam tribunal dan public meetings yang dilandasi boomerang pattern oleh Keck dan Sikkink untuk menjadi public pressure. Dari kerangka pemikiran tersebut diperoleh jawaban sementara bahwa diaspora Falun Gong sangat efektif dalam membentuk opini global. Para pelaku diaspora Falun Gong membentuk jaringan media dan komunitas di AS dan Eropa dalam proses mobilisasi opini publik hingga memunculkan respon balik Inter-Governmental Organizations (IGOs) dan Non- Governmental Organizations (NGOs) bidang Hak Asasi Manusia (HAM). Respon tersebut ditanggapi secara formal oleh Kongres AS dan Parlemen Uni Eropa hingga memunculkan Resolusi HAM terkait Falun Gong. Berdasarkan temuan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa diaspora Falun Gong sangat efektif membentuk opini global. Diaspora Falun Gong secara tidak langsung mampu membentuk opini global melalui pembentukan jaringan komunitas dan media di AS dan Eropa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 HI.04/12 Pas e
Uncontrolled Keywords: boomerang pattern, diaspora Falun Gong, global social movement, kosmopolitanisme, opini global
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ5511.2-6300 Promotion of peace. Peaceful change > JZ5587-6009 International security. Disarmament. Global survival
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Rommel Utungga Pasopati, 070710411UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
EditorBLS Wahyu Wardhani, Dra., MA, Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 13 Apr 2012 12:00
Last Modified: 23 Sep 2016 01:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14948
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item