IRMA PRADANI, 070710582 (2012) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN :Studi Deskriptif Tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Bagi Penerima Jamkesmas di RSUD Sidoarjo. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
AN.11-12 Pra k abstrak.pdf Download (341kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
AN.11-12 Pra k.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu tugas pokok Pemerintah adalah memberikan pelayanan. Pelayanan publik adalah pelayanan publik adalah pemenuhan keinginan dan kebutuhan masyarakat oleh publik (masyarakat) dan tentu saja dengan tujuan agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu Pemerintah memberikan pelayanan termasuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Setiap warga negara berhak memperoleh pelayanan kesehatan dengan baik. Sebagai salah satu upaya untuk mengentasan kemiskinan, Pemerintah melalui Departemen Kesehatan sejak tahun 2005 membuat Program Jaminan Kesehatan bagi Masyarakat miskin dan tidak mampu. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas pelayanan kesehatan bagi penerima jamkesmas di RSUD Sidoarjo. Untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan dalam penelitian ini menggunakan dimensi kualitas pelayanan yang meliputi enam indikator yaitu Tangible (penampilan fisik), Responsiveness (daya tanggap), Competence (kompentensi), Credibility (kredibilitas), Acces (akses), Communication (komunikasi). Metode yang digunakan dalam peelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik penelitian informan, dengan menggunakan key informan yang selanjutnya berkembang dengan teknik snowball. Proses analisis data dilakukan dengan mengelompokkan data yang diperoleh, dan juga mendapatkan serangkaian hubungan keterkaitan antara data tersebut. Sedangkan validitas data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Kabupaten Sidoarjo khususnya pada pasien penerima Jamkesmas sudah cukup baik. Namun disisi lain, perlu adanya perbaikan yang dilakukan. Pengguna layanan banyak yang mengeluh ketepatan dan kecepatan waktu pelayanan, kedatangan dokter dalam pemerikasaan yang kurang tepat waktu dan kurangnya fasilitas ruang rawat inap kelas III khususnya ruang mawar merah putih dan antrian pengambilan obat yang lama.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 AN.11/12 Pra k | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Kesehatan, Jamkesmas | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG9371-9399 Health insurance | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Andri Yanti | ||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2012 12:00 | ||||||
Last Modified: | 26 Sep 2016 04:49 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14960 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |