NUR RAHMAH SULISTYAWATI, 070216726 (2007) PENYEDIAAN DAN PENGELOLAAN INFORMASI HUMAS MASPION GRUP SURABAYA DALAM MENGATASI KRISIS KETENAGAKERJAAN (Studi Kasus pada Pemogokan Buruh Maspion Grup 23-27 Februari 2006 ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-sulistyawa-4549-fisk09-k.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text (FULL TEXT)
15059.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Maspion Grup Surabaya merupakan perusahaan nasional berbentuk grup dengan 53 unit kerja (pabrik) yang tersebar di lima kawasan yang berbeda. Jumlah karyawan 18.000 jiwa dan merupakan satu-satunya perusahaan dengan unit kerja terbesar di Indonesia. Kondisi tersebut menyebabkan Maspion Grup rawan terhadap krisis, terutama menyangkut hubungan internal perusahaan. Krisis terbesar bagi Maspion Grup adalah krisis ketenagakerjaan berupa pemogokan buruh, karena menyebabkan perusahaan mengalami kerugian milyaran rupiah. Penanganan terhadap krisis yang terjadi memerlukan manajeman krisis, dimana didalamnya terdapat aktivitas penyediaan dan pengelolaan informasi. Informasi yang disediakan dan dikelola dengan baik oleh Humas, sebagai sumber terpercaya mewakili perusahaan, diperlukan guna mengatasi krisis, menyeimbangkan persepsi dan menghindari bias informasi antara perusahaan dan publik mengenai aktivitas penanganan krisis yang dilakukan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Humas Maspion Grup menyediakan dan mengelola informasi, dalam rangka mengatasi krisis ketenagakerjaan berupa pemogokan buruh tanggal 23-27 Februari 2006. Manajemen krisis, tahapan perkembangan krisis dan manajemen pengelolaan informasi berdasarkan tahapan proses kerja humas, digunakan sebagai tinjauan pustaka terhadap analisa penanganan krisis serta penyediaan dan pengelolaan informasi. Hasil analisis ini kemudian juga dapat menujukkan peran humas Maspion Grup dalam perusahaan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian studi kasus tipe deskriptif pada pemogokan buruh Maspion Grup pada 23-27 Februari 2006. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam (indepth interview) terhadap staf dan kepala humas Maspion Grup. Serta observasi partisipan (pengamatan berperan serta) secara terbuka di departemen humas Maspion Grup. Satuan analisis penelitian ini adalah narasi-¬narasi kualitatif yang diperoleh dari wawancara mendalam dan observasi partisipan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Humas Maspion Grup menyediakan dan mengelola informasi berdasarkan tahapan proses kerja humas yaitu penemuan fakta, perencanaan dan komunikasi. Input data didapatkan dari publik internal yang terkait dengan krisis yang terjadi, pengolahan dilakukan dengan kegiatan dokumentasi dan output informasi dilakukan berupa pembuatan dan pengiriman press release, laporan perkembangan dan situasi perusahaan, serta pembuatan media internal, Berita Maspion. Penyediaan dan pengelolaan informasi Humas Maspion Grup belum maksimal karena tahap evaluasi belum dilaksanakan oleh Humas Maspion Grup. Di sisi lain, humas Maspion Grup telah berperan sebagai jembatan penghubung antara perusahaan dan publik
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis K 09/07 Sul p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | STRIKE AND LOCKOUTS-MACHINERY INDUSTRY;INFORMATION SERVICES INDUSTRY | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD7795-8027 Labor policy. Labor and the state T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Dewi Rekno Ulansari | ||||||
Date Deposited: | 07 May 2007 12:00 | ||||||
Last Modified: | 04 Jun 2017 17:48 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15059 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |