PENGARUH INTENSITAS PELAYANAN PERIJINAN TERHADAP PENINGKATAN NILAI INVESTASI DI KABUPATEN SIDOARJO

SUA WIJAYA, 070116511 (2007) PENGARUH INTENSITAS PELAYANAN PERIJINAN TERHADAP PENINGKATAN NILAI INVESTASI DI KABUPATEN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-wijayasua-5643-fisan1-k.pdf

Download (337kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan penelitian yaitu bagaimana pengaruh intensitas pelayanan perijinan terhadap peningkatan nilai investasi, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini mengambil lokasi di Dinas Perijinan dan Penanaman Modal Kabupaten Sidoarjo. Yang melatarbelakangi permasalahan tersebut adalah diberlakukannya sistem pelayanan perijinan satu atap. Seperti kita ketahui bahwa perijinan selalu melekat pada diri kita sebagai masyarakat. Untuk itu kita selalu menuntut pelayanan perijinan yang efektif dan efisien. Perijinan juga melekat pada investasi. Setiap kita berinvestasi selalu melalui tahap perijinan. Berdasar dua hal ini yaitu pelayanan perijinan dan investasi inilah penelitian ini berangkat. Di satu sisi Sidoarjo melaksanakan sistem pelayanan perijinan satu atap, di sisi lain nilai investasi Sidoarjo mengalami peningkatan sehingga penelitian ini mencoba mencari tahu pengaruh dan hubungan antara kedua variabel ini. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian eksplanatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua aparat di Dinas Perijinan dan Penanaman Modal Kabupaten Sidoarjo. Yang dijadikan responden adalah aparat pada sub bagian perijinan dan penanaman modal. Kuesioner dijadikan sebagai alat pengumpul data yang utama. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa regresi linier sederhana, yaitu suatu uji statistik yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dua variabel. Dan hasil analisa diperoleh kesimpulan bahwa intensitas pelayanan perijinan berpengaruh pada peningkatan nilai investasi. Besarnya pengaruh variabel intensitas pelayanan perijinan adalah 32,4% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Implikasi praktis dari penelitian ini, diharapkan dapat memberi masukan pada tenaga birokrat/aparat khususnya aparat pada Dinas Perijinan dan Penanaman Modal Kabupaten Sidoarjo untuk lebih meningkatkan kinerja pelayanannya demi mewujudkan aparatur yang profesional sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dari intensnya pelayanan perijinan diharapkan dapat meningkatkan dan menciptakan iklim investasi yang kondusif dan berujung pada semakin meningkatnya nilai investasi di Sidoarjo. Implikasi teoritis bagi kajian Ilmu Administrasi Negara adalah fokus dari penelitian ini yaitu bagaimana meningkatkan pelayanan publik (perijinan). Dengan peningkatan pelayanan perijinan ini maka diharapkan investasi dapat semakin baik. Melalui kajian ini diharapkan kita dapat mengetahui sejauh mana pengaruh intensitas pelayanan perijinan terhadap peningkatan nilai investasi. Hasil penelitian ini pada akhirnya dapat dijadikan tambahan masukan terutama kajian atas teori pelayanan perijinan dan juga investasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis AN 12/07 Wij p (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: LICENSES; SMALL BUSINESS - LAW AND LEGISLATION
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7340-7512 Commercial law > K7485-7495 Business associations. Business corporations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
SUA WIJAYA, 070116511UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSunaryo, Drs., M.PStUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 17 Dec 2007 12:00
Last Modified: 15 Sep 2016 03:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15082
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item