STUDI DESKRIPTIF TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DESA JOHO DI LERENG GUNUNG WILIS

CRISVI PRATAMA, 070810562 (2013) STUDI DESKRIPTIF TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DESA JOHO DI LERENG GUNUNG WILIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-pratamacri-26194-8.-abstr-i.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15102.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perempuan merupakan sumber daya yang belum dimanfaatkan secara optimal untuk memberikan sumbangan ekonomi dalam pembangunan. Hal ini berkaitan erat dengan peran yang dimiliki perempuan dalam hal domestik, transisi, dan kontemporer. Salah satu upaya untuk meningkatkan posisi tawar perempuan dalam meningkatkan perannya dalam pembangunan nasional adalah dengan pemberdayaan. Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan faktorfaktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan pemberdayaan perempuan Desa Joho di Lereng Gunung Wilis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik penentuan informan secara purposive dan snowball. Data diperoleh dari wawancara mendalam dan dokumentasi. Proses analisa data dilakukan dengan mengelompokkan serta mengkombinasikan data yang diperoleh, dan juga menetapkan serangkaian hubungan keterkaitan antara data tersebut. Sedangkan validitas data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 9 faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemberdayaan perempuan di Desa Joho, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, yaitu: peran pemerintah, koperasi, peran LSM, pendampingan, peran local community organization, partisipasi, kebutuhan akan penghargaan, pendekatan personal, dan kepemimpinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.56/12 Pra s
Uncontrolled Keywords: MATERNAL MORTALITY
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q181-183 Study and Teaching
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
CRISVI PRATAMA, 070810562UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErna Setijaningrum, SIP., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 28 Jan 2013 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 21:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15102
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item