PEMBERITAAN PERGELARAN BUSANA INDONESIA DALAM MAJALAH HARPER BAZAAR INDONESIA (Analisis Framing Pemberitaan Pergelaran Busana Karya Perancang Busana Indonesia dalam Rubrik Runway Majalah Harper Bazaar Indonesia)

YUVENTIA PRISCA, 070317000 (2008) PEMBERITAAN PERGELARAN BUSANA INDONESIA DALAM MAJALAH HARPER BAZAAR INDONESIA (Analisis Framing Pemberitaan Pergelaran Busana Karya Perancang Busana Indonesia dalam Rubrik Runway Majalah Harper Bazaar Indonesia). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-priscayuve-8923-abstract-8.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15150.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mode merupakan komunikasi non verbal yang dapat ditelaah layaknya bahasa tulis atau lisan. Di balik dari sifatnya yang memang diperuntukan untuk menunjang penampilan, mode berkembang menjadi industri kompetitif yang berusaha menarik konsumen untuk mengikuti perkembangan mode terkini. Media massa sebagai sebagai bagian dari mata rantai dari dunia mode memainkan peran penting dalam memberitakan hal-hal yang terjadi di seputar mode untuk tercapainya tujuan tersebut. Termasuk majalah mode. Majalah Harper's Bazaar Indonesia sebagai majalah mode dan gaya hidup lisensi dari Amerika Serikat menggarap kekayaan mode tanah air, di antaranya adalah pergelaran busana perancang Indonesia sebagai isi majalah tersebut yang dimuat dalam Rubrik Runway di setiap edisi penerbitannya. Sebagai majalah yang tidak lahir dari keaslian budaya lokal Indonesia, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif Majalah Harper's Bazaar Indonesia dalam memberitakan pergelaran busana karya perancang busana Indonesia. Landasan teori yang digunakan adalah mode sebagai refleksi sosial dan dinamika zaman, majalah mode sebagai institusi media massa, hubungan ideologi pembuat teks (media) dengan pembaca berita sebagai narasi, analisis framing, model analisis framing Zhongdan Pan dan Gerald M Kosicki. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian eksploratif yang menganalisis kata, pilihan kata, kalimat, rangkaian kalimat, gramatika, gambar serta keseluruhan tematik cerita yang dikisahkan dalam ketiga artikel Rubrik Runway. Pemilihan artikel ini dihasilkan dari pengamatan peneliti tentang pemberitaan pergelaran busana Indonesia oleh selama bulan Januari 2005- September 2006. Untuk menemukan perspektif majalah tersebut dilakukanlah analisis yang menggunakan model analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M Kosicki. Dari analisis yang dilakukan, diketahui bahwa meski Harper's Bazaar Indonesia merupakan majalah lisensi, tetapi memiliki perspektif yang sangat mendukung potensi perancang busana Indonesia secara objektif. Hal ini merupakan implementasi dari visi Harper's Bazaar Indonesia yang ingin mengangkat karya perancang tanah air agar bisa diterima di tingkat global.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 55 / 08 Pri p
Uncontrolled Keywords: NEWS MEDIA COVERAGE OF BULLETIN
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general > NX1-820 Arts in general
T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
YUVENTIA PRISCA, 070317000UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuko Widodo, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 01 Apr 2009 12:00
Last Modified: 05 Jun 2017 18:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15150
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item