VARIASI UKURAN-UKURAN KRANIUM, INDEKS KRANIUM, PROGNASI WAJAH DAN SHOVEL SHAPE INSISIF PADA SUB RAS DEUTROMALAYID (Pengamatan di Laboratorium Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga)

Primiary Devita Arian Paramita, 070517763 (2010) VARIASI UKURAN-UKURAN KRANIUM, INDEKS KRANIUM, PROGNASI WAJAH DAN SHOVEL SHAPE INSISIF PADA SUB RAS DEUTROMALAYID (Pengamatan di Laboratorium Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-paramitapr-18736-ant471-k.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-paramitapr-15511-ant4710.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia adalah negara di Asia Tenggara, terletak di garis khatulistiwa yang beriklim tropis. Keadaan geografis Indonesia yang sangat subur menjadikan Indonesia sebagai tujuan migrasi. Jacob (1967 dalam Glinka, 1987) mengemukakan berdasarkan teori migrasi bahwa suku-suku bangsa di Indonesia berasal dari dua ras pokok yaitu Australomelanesid dan Mongoloid. Menurut Glinka, sebagian besar penduduk Indonesia, khususnya bagian barat, adalah termasuk dalam sub ras Deuteromalayid. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimanakah variasi ukuran-ukuran kranium, indeks kranium, prognasi wajah dan shovel shape incisive pada sub ras Deutromalayid?; 2) Apakah terdapat perbedaan yang bermakna antar jenis kelamin dalam prognasi wajah dan shovel shape incisive pada sub ras Deutromalayid? Bahan penelitian adalah tengkorak yang terdapat di koleksi laboratorium Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga. Jumlah sampel adalah 69 tengkorak Jawa. Tengkorak yang dipergunakan terdiri dari 44 laki-laki dan 25 perempuan. Variabel-variabel yang diukur adalah g-op, g-i, n-ba, ba-b, ba-pr, n-gn, n-pr, n-sn, n-b, b-pr, ba-o, FOM, eu-eu, co-co, ft-ft, zy-zy, fm-fm, zm-zm, apt-apt, b-l, l-o, po-b, ast-ast, ms-ms, ek-ek, ol-sta, enm-enm, kdl-kdl, go-go, id-gn, Panjang Mandibula, mf-mf, mf-ek kanan, mf-ek kiri, tinggi orbita kanan, tinggi orbita kiri, lengkung n-o, lengkung n-b, lengkung b-l, lengkung l-o, lengkung Po-b-po, derajad shovel shape, prognasi, dan indeks. Hasil penelitian ini adalah sampel penelitian ini memiliki score shovel shape yang rendah, hal ini berbeda dengan score shovel shape yang dimiliki oleh ras Mongoloid. Ras Mongoloid memiliki score shovel shape yang tinggi. Jika dilihat dari sudut prognasi wajah genap dan prognasi alveolar, sampel penelitian ini memiliki bentuk wajah yang berbeda dengan ras Mongoloid. Namun bila berdasarkan prognasi hidung, sampel penelitian ini memiliki ciri ras Mongoloid yaitu orthognath. Panjang kepala, indeks kranium, indeks tinggi panjang kranium, bentuk orbita mata, mongoloid, mempunyai ciri khas Mongoloid. Sampel ini berbeda dengan ras Mongoloid pada beberapa variabel yaitu pada variabel eu-eu, nasal sill, sutura zygomaticomaxilaris, dan derajad shovel shape yang rendah. Dimorfisme seksual tidak ditemukan pada prognasi wajah dan shovel shape insisif, karena yang tidak berbeda secara signifikan antara laki-laki dan perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 ANT 47 / 10 Par v
Uncontrolled Keywords: RACE
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ71-1185 History and Systems (including individual ethical philosophers)
D History General and Old World > DS Asia > DS633-644.46 History
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV3176-3199 Special classes. By race or ethnic group
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Primiary Devita Arian Paramita, 070517763UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMyrtati Dyah Artaria, Dr., MA, Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 12 May 2011 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 05:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15213
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item