KEBERADAAN ULAMA PARTAI KEBANGKITAN BANGSA (Studi Makna Elit Dewan Tanfidz DPC PKB Kota Pasuruan Terhadap Ulama PKB Dalam Pemilu DPRD 2009 Kota Pasuruan)

NINA AMALIA NANDYASARI, 070610440 (2010) KEBERADAAN ULAMA PARTAI KEBANGKITAN BANGSA (Studi Makna Elit Dewan Tanfidz DPC PKB Kota Pasuruan Terhadap Ulama PKB Dalam Pemilu DPRD 2009 Kota Pasuruan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
gdlhub-gdl-s1-2011-nandyasari-18998-fisp-k.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-nandyasari-15801-fisp-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Selama ini di masyarakat yang mayoritas beragama Islam, keberadaan ulama sangat dibutuhkan baik sebagai sosok panutan, bahkan menjadi simbol bagi masyarakat. Ulama sangat dihormati, disegani dan dijunjung tinggi kedudukannya. Seiring berjalannya era reformasi, banyak ulama yang tak lagi murni berorientasi pada kebaikan hidup umat Islam, melainkan telah berpolitik praktis. Dalam Pemilu DPRD era reformasi di Kota Pasuruan, PKB selalu menjadi pemenangnya, dan berhasil merebut perolehan kursi terbanyak. Kemenangan ini dikaitkan dengan keberhasilan ulama PKB dalam mengusung kemenangan PKB. Penelitian ini bertujuan untuk memotret keberadaan ulama PKB Kota Pasuruan, dan difokuskan pada pemaknaan elit Dewan Tanfidz DPC PKB Kota Pasuruan terhadap keberadaan ulama PKB dalam Pemilu DPRD 2009 Kota Pasuruan. Penelitian ini merupakan tipe penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan secara fenomenologis. Penelitian kualitatif dimaksudkan untuk mengenal lebih dalam subyek yang diteliti dan mengetahui fenomena-fenomena apa yang terjadi pada subyek penelitian. Sedangkan pendekatan fenomenologi yang digunakan, dimaksudkan peneliti hanya mendeskripsikan makna yang didapat dari subyek penelitian ketika memaknai objek penelitian. Dari temuan data yang didapatkan, mayoritas pemaknaan dari para informan adalah beragam (fragmanted). Namun, saat memaknai keberadaan ulama PKB dalam Pemilu DPRD 2009 Kota Pasuruan, ditemukan adanya keseragaman (homogen) pemaknaan oleh informan. Para informan meyakini bahwa keberadaan ulama PKB dalam Pemilu DPRD 2009 lalu bersifat sekunder.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS P 58 / 10 Nan k
Uncontrolled Keywords: ELITE ( SOCIAL SCIENCE );PARTIES
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H1-99 Social sciences (General)
J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ4835-5490 International organizations and associations > JZ4841-4848 Political non governmental organizations. NGOs
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
NINA AMALIA NANDYASARI, 070610440UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHaryadi, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 16 Jun 2011 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 14:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15223
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item