KONSTRUKSI PEMUDA MENGENAI SUMBER KENCONO (Studi Deskriptif Mengenai Bagaimana Konstruksi Pemuda Terhadap Alat Transportasi Bus Sumber Kencono Pasca Terjadinya Kecelakaan Yang Menimpa Perusahaan Otobus Tersebut)

Indra M., 070710282 (2012) KONSTRUKSI PEMUDA MENGENAI SUMBER KENCONO (Studi Deskriptif Mengenai Bagaimana Konstruksi Pemuda Terhadap Alat Transportasi Bus Sumber Kencono Pasca Terjadinya Kecelakaan Yang Menimpa Perusahaan Otobus Tersebut). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-indram-21257-6.abstr-.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-indram-21257-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bus adalah sebuah alat transportasi publik yang hingga saat ini terus berkembang dengan pesatnya. Akan tetapi bukan lagi rahasia umum apabila sering terjadi kecelakaan yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang yang di sebabkan kelalaian pengemudi.Salah satunya adalah Bus Sumber Kencono, dimana dalam beberapa tahun terakhir ini bus Sumber Kencono dengan gencar mendapat sorotan dari media massa karena kecelakaan yang sering menimpa bus ini.Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini bagaimana konstruksi pemuda terhadap alat transportasi Bus Sumber Kencono pasca terjadinya kecelakaan yang menimpa perusahaan otobus tersebut.Untuk menjawab penelitian ini digunakan metode kualitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive yang ditujukan pada pengguna bus Sumber Kencono dengan kriteria usia di bawah 30 tahun. Data diperoleh melalui hasil observasi dan wawancara menggunakan guide interview, serta memanfaatkan data dari media online dan buku. Penyajian data dilakukan dengan teknik kualitatif interpretative yang dilakukan dengan reduksi data lalu dilakukan penarikan kesimpulan dari hasil reduksi data tersebut. Peneliti mendapatkan dua hasil yang berbeda dari informan, di mana ada yang berhenti menggunakan bus Sumber Kenocono dan masih banyak masyarakat yang menggunakan bus ini, banyaknya masyarakat yang masih menggunakan bus ini disebabkan karena beberapa faktor diantaranya adalah faktor ekonomi , hal ini dikarenakan bus Sumber Kencono merupakan bus yang paling murah diantara bus satu trayek lainnya seperti Mira dan Eka. Kemudian faktor selanjutnya adalah ada beberapa golongan masyarakat yang memang menyukai kecepatan dan untuk jurusan atau trayek Surabaya Jogjakarta hanya bus Sumber kenconolah yang bisa di bilang tercepat. Dan yang terakhir karena masyarakat berfikiran bahwa pada dasarnya setiap orang dapat mengalami kecelakaan, dan kecelakaan tidak hanya terjadi pada saat mereka menggunakan bus Sumber Kencono saja. Dan bagi mereka yang memilih tidak menggunakan bus ini karena merasa khawatir akan keselamatan mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.S.45/12 Ind k
Uncontrolled Keywords: SOCIAL CONSTRACTION, TRANSPORTATION
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE5601-5725 Automotive transportation Including trucking, bus lines, and taxicab service
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Indra M., 070710282UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBenny Sumbodo, Drs. ,MsiUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 09 Nov 2012 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 08:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15263
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item