UPAYA STRATEGIS TAIWAN DALAM MENGHADAPI ONE CHINA POLICY

Bambang Julyanto, 070517919 (2012) UPAYA STRATEGIS TAIWAN DALAM MENGHADAPI ONE CHINA POLICY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-julyantoba-21190-8.abst-k.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-julyantoba-21190-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Taiwan merupakan sebuah negara kecil yang letaknya bersebelahan dengan Republik Rakyat Cina. Awal berdirinya pemerintahan di Taiwan adalah ketika kaum nasioanlis berhasil dikalahkan oleh Partai Komunis Cina pada tahun 1949. Dibawah pimpinan Chiang Kai Sek, Partai Nasionalis kemudian mendirikan pemerintahan di Taiwan dengan menggunakan nama Republik Cina. Pada tahun yang sama, Republik Rakyat Cina menyatakan bahwa pemerintahannya merupakan pemerintahan yang sah atas keseluruhan Cina termasuk di dalamnya Taiwan yang kemudian dikenal dengan istilah One China Policy. Keberadaan One China Policy ini tentu saja mengancam kedaulatan Taiwan dan oleh karenanya Taiwan telah melakukan berbagai macam upaya strategis dalam mengatasinya. Dalam penelitian ini diteliti upaya upya strategis yang dilakukan dalam masa pemerintahan pertama Chen Shui Bian. Upaya upaya strategis tersebut meliputi usaha pemantapan politik, peningkatan kekuatan nasional dari segi militer dan ekonomi, serta diplomasi dan juga keikutsertaan dalam organisasi organisasi internasional seperi WTO dan WHO untuk mendapat pengakuan internasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.HI.35/12 Jul u
Uncontrolled Keywords: CHEN SHUI BIAN
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia > 6651 Political institutions and public administration (Asia,Africa, Australia, Pacific Area, etc.)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Bambang Julyanto, 070517919UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLilik Salamah, Drs. M.S.IUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 05 Nov 2012 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 01:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15269
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item