Wacana Perempuan dalam Novel Entrok (Analisis Wacana Kritis Tokoh Marni dan Rahayu dalam Novel Entrok Karya Okky Madasari)

FIKA WULANSARI, 070710097 (2012) Wacana Perempuan dalam Novel Entrok (Analisis Wacana Kritis Tokoh Marni dan Rahayu dalam Novel Entrok Karya Okky Madasari). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-wulansarif-21469-6.abstr-.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-wulansarif-21469-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai wacana perempuan di dalam novel Entrok yang menggunakan latar masa Orde Baru. Fokus penelitian ini adalah untuk melakukan analisis kritis terhadap tokoh utama perempuan di dalam novel. Penggunaan latar waktu Orde Baru dan tokoh perempuan pada novel yang terbit pasca reformasi, dapat memunculkan sebuah wacana perempuan yang berbeda dengan situasi sosial pada pasca reformasi. Maka, penelitian ini menitikberatkan pada konstruksi wacana perempuan di dalam novel yang ditulis oleh Okky Madasari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis wacana kritis Van Dijk. Unit analisis dalam penelitian ini adalah rangkaian kata dan kalimat di dalam novel Entrok yang berkaitan dengan wacana perempuan. Metode analisis wacana kritis Van Dijk digunakan untuk mengungkap wacana perempuan yang dikonstruksi berdasarkan ideologi pencipta teks, dan dipengaruhi oleh realitas sosial di masyarakat. Hasil dari penelitian ini adalah, Okky Madasari menunjukkan bahwa perempuan tidak dapat terlepas dari peran dan kodratnya, yaitu seorang ibu yang melahirkan anak. Namun perempuan dapat melakukan usaha untuk memperoleh kesetaraan hak dan perlakuan yang sama dengan laki-laki, khususnya dalam hal kesempatan kerja. Karena perempuan sudah selayaknya bekerja untuk memenuhi kebutuhan, dan hal ini merupakan sebuah bentuk kemandirian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.38/12 Wul w
Uncontrolled Keywords: Women Discourses, New Order, Critical Discourse Analysis, Van Dijk, a Novel
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN80-99 Criticism
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
FIKA WULANSARI, 070710097UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Moerdijati, Dra. , MSUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 28 Nov 2012 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 02:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15301
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item