PERSEPSI KEMUDAHAN DAN KEGUNAAN OPAC PERPUSTAKAAN UNAIR (Study Deskriptif Menilai Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kegunaan OPAC Oleh Pengguna di Perpustakaan Universitas Airlangga)

Martina Monisa, 070810229 (2013) PERSEPSI KEMUDAHAN DAN KEGUNAAN OPAC PERPUSTAKAAN UNAIR (Study Deskriptif Menilai Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kegunaan OPAC Oleh Pengguna di Perpustakaan Universitas Airlangga). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-monisamart-25410-4.abst-k.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menggambarkan penerimaan OPAC oleh pengguna Perpustakaan dengan menggunakan variabel TAM Davis 1989 yakni perceived usefulness (persepsi kegunaan), perceived ease of use (persepsi kemudahan) dan accepted (penerimaan) OPAC dengan pendekatan kuantitatif. Kegunaan OPAC adalah membantu pengguna untuk menelusur koleksi yang diinginkan. Indikator kegunaan OPAC membuat pekerjaan lebih mudah, menambah produktivitas, meningkatkan efektivitas. Kemudahan yang diberikan OPAC adalah dengan memberikan informasi mengenai status koleksi, lokasi koleksi, dan lain lain sehingga pengguna lebih mudah dan cepat untuk menemukan koleksi pada rak. Indikator kemudahan dalam penelitian ini adalah OPAC mudah dipelajari, mudah dioperasikan, fleksibel. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerimaan pengguna OPAC Perpustakaan Universitas Airlangga belum optimal. Pengguna merasakan kemudahan dan kegunaan dalam mengakses OPAC, namun karena adanya ketidaksesuaian antara informasi yang disedikan OPAC dengan kondisi di rak maka ini membuat pengguna jarang menemukan bahan pustaka yang dinginkan di rak koleksi. Kekurangan yang lain yang dirasa pengguna yakni desain OPAC yang kurang menarik serta terkadang sulitnya akses OPAC saat berada di luar perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.IIP.06/13 Mon p
Uncontrolled Keywords: ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOQUE
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Martina Monisa, 070810229UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYunus Abdul Halim, S.Si., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 09 Jul 2013 12:00
Last Modified: 25 Oct 2016 16:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15327
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item