Perilaku Literasi Visual di Kalangan Pecinta Komik di Surabaya

Sahal Fatah, 071016012 (2014) Perilaku Literasi Visual di Kalangan Pecinta Komik di Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-fatahsahal-35771-5.abst-k.pdf

Download (50kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan media hiburan saat ini sangatlah pesat. Berbagai media hiburan telah banyak bermunculan mulai yang tradisional hingga yang modern. Salah satu media hiburan yang digemari oleh berbagai umur saat ini adalah komik. Tetapi tidak hanya dipandang sebagai media hiburan saja komik juga telah memberi damak positif lain bagi orang yang membacanya salah satunya adalah memberi kemampuan literasi visual. Literasi visual merupakan suatu kemampuan untuk memanipulasi berbagai bentuk visual. Penelitian ini akan mengkaji tentang gambaran literasi visual di kalangan pencinta komik di Surabaya. Terutama di kalangan anggota Komunitas Komik Bungkul Surabaya. Penelitian ini di kaji berdasarkan berbagai pendapat dan teori yang telah di kemukakan oleh para ahli mengenai perilaku literasi visual. Seperti berbagai perilaku literasi visual yang di lakukan oleh para responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam perilaku berpikir secara visual para anggota komunitas sering merasakan berpkir secara visual ketika mereka membaca buku terutama berbagai buku hiburan. Dalam perilaku belajar secara visual ketika menggunakan gambar sebagai media pembelajaran mereka sering menggunakan berbagai gambar yang dimengerti oleh orang yang mereka terangkan untuk menerangkan (34%). Sedangkan perilaku komunikasi secara visual mereka paling sering menggunakan media gambar-gambar komik sebagai alat untuk berkomunikasi mereka (38,8%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.IIP.01/15 Fat p
Uncontrolled Keywords: VISUAL LITERATION
Subjects: N Fine Arts > NE Print media
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Sahal Fatah, 071016012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 18 Feb 2015 12:00
Last Modified: 24 Jun 2019 04:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15365
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item