Wacana Ekonomi Politik Perbankan dalam Praktik Kehumasan PT. Bank Jatim Discourse Analysis Ekonomi-Politik Pemerintah Daerah Jawa Timur Pada Kebijakan PT. Bank Jatim dalam News Releases di Situs Web www.bankjatim.co.id

Ahangamage D.V.S.A.P, 070810468 (2012) Wacana Ekonomi Politik Perbankan dalam Praktik Kehumasan PT. Bank Jatim Discourse Analysis Ekonomi-Politik Pemerintah Daerah Jawa Timur Pada Kebijakan PT. Bank Jatim dalam News Releases di Situs Web www.bankjatim.co.id. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-ahangamage-24087-abstract.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-ahangamage-20483-fis.k.07-wFULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini mengkaji ekonomi-politik pemerintah daerah Jawa Timur dalam kebijakan-kebijakan PT. Bank Jatim yang diwacanakan dalam teks news releases di situs web resmi PT. Bank Jatim, www.bankjatim.co.id. Penelitian ini menarik untuk diteliti karena kegiatan kehumasan dan ekonomi berkait erat dengan ideologi dan kekuasaan yang mengakibatkan adanya ketidakseimbangan dalam masyarakat. Melalui penelitian ini, peneliti ingin mendekontruksi kebijakan PT. Bank Jatim, yang merupakan kegiatan ekonomi-politik pemerintah daerah Jawa Timur, yang diartikulasikan dalam news releases di situs www.bankjatim.co.id. Dengan menggunakan tipe penelitian eksploratif dan analisis wacana milik Norman Fairclough sebagai metode, peneliti diharapkan mampu mengungkap makna tersembunyi dari pemerintah daerah di balik publikasi kegiatan PT. Bank Jatim dalam teks news releases yang ada di situs web perusahaan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa praktik kehumasan Bank Jatim dalam mempublikasikan berita mengenai kebijakan perusahaan dalam kegiatannya rupanya berkait erat dengan kepentingan politis pemerintah daerah Jawa Timur. Dalam rilisnya, pihak humas bank ini cenderung memberikan citra positif terhadap kinerja pemerintah daerah (khususnya di bidang ekonomi) lewat diksi dan kalimat yang positif untuk menutupi kondisi yang sebenarnya terjadi. Dengan kata lain, terjadi ketidakseimbangan antara pemberitaan di news releases PT. Bank Jatim dengan fakta yanga ada di masyarakat. Disamping itu, interaktivitas yang tidak ada dalam situs web mereka, membuktikan hegemoni pemerintah dalam memasukkan realitas yang diterima oleh masyarakat banyak sebagai sesuatu yang sewajarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.07/12 Aha w
Uncontrolled Keywords: PUBLIC RELATIONS ; LOCAL GOVERNMENT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Ahangamage D.V.S.A.P, 070810468UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDina Septiani, B.Comms., M.Comms.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 04 Jul 2012 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 06:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15416
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item