REPRESENTASI ANAK-ANAK DALAM FILM ANAK-ANAK DI INDONESIA PASCA ORDE BARU (Analisis Semiotik Representasi Anak-Anak dalam Film Denias Senandung di Atas Awan dan Laskar Pelangi)

ARI NOVITASARI, 070810657 (2013) REPRESENTASI ANAK-ANAK DALAM FILM ANAK-ANAK DI INDONESIA PASCA ORDE BARU (Analisis Semiotik Representasi Anak-Anak dalam Film Denias Senandung di Atas Awan dan Laskar Pelangi). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-novitasari-24398-6.abstra-.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-novitasari-24398-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada representasi anak-anak dalam film anakanak di Indonesia pasca Orde Baru. Penelitian ini menarik karena anak-anak adalah karakter yang populer dalam industri perfilman di Indonesia. Namun demikian tidak banyak naskah akademik yang secara langsung membahas penggambaran anak-anak dalam perfilman indonesia khususnya film anak-anak pasca Orde Baru. Dalam penelitian ini, peneliti mendeskripsikan representasi anak-anak yang ditunjukkan dalam film Denias Senandung di Atas Awan dan Laskar Pelangi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis semiotik yang mengacu pada model Pierce dan kerangka analisis film dari Fiske. Unit analisis dalam penelitian ini terdiri dari tiga level analisis, yakni level realitas, representasi dan ideologi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pasca Orde Baru film anak-anak tidak lagi dikonstruksi untuk membangun sebuah identitas idealis yang homogen mengenai anak-anak Indonesia, melainkan lebih digunakan untuk menyampaikan keanekaragaman dan perbedaan masyarakat Indonesia. Lewat anak-anak ini juga berusaha digambarkan diskriminasi-diskriminasi yang dialami oleh anak-anak terkait dengan perbedaan suku ataupun golongan yang ada di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.21/13 Nov r
Uncontrolled Keywords: FILM ; CHILDREN
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV701-1420.5 Children
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
ARI NOVITASARI, 070810657UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIGAK Satrya Wibawa, S.Sos.,MCAUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 16 May 2013 12:00
Last Modified: 22 Sep 2016 07:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15616
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item