RIANDRY DWI PRAKOSO, 2009
(2013)
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DEMAJORS SEBAGAI INDIE LABEL DALAM INDUSTRI MUSIK MAINSTREAM.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendepkripsikan strategi komunikasi pemasaran Demajors sebagai Indie label dalam menembus pasar industri musik
mainstream. Hal ini memiliki signikasi karena Demajors sebagai Indie label yang kurang diterima pasar mainstream, mampu menembus industri musik mainstream. Karena diantara Indie label lainnya hanya yang Demajors yang memilih untuk
memasarkan produk ke indutri musik mainstream, Demajors denagan produk musik non mainstream mampu menembus penjualan yang hampir menyamai
dengan penjualan Major label di industri musik mainstream. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode in – depth interview dan observasi. In – depth interview dilakukan pada pelaku komunikasi pemasaran dar Demajors, dilengkapi dengan observasi pada dokumen
– dokumen terkait. Penelitian ini merupakan studi deskriptif yang ingin mengetahui bagaimana Demajors melakukan strategi komunikai pemasaran
dengan mengintergerasikan berbagai macam promotion tools untuk mencapai tujuan pemasaran. Tinjauan pustaka yang digunakan antara lain ; Promotion Dalam Bauran Pemasaran, Marketing Objective Dan Communication Objective, STP (Segmentation, Targeting, Positioning), dan IMC.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Demajors telah mengintegerasikan promotion tools dalam melakukan kegiatan promosi. Interactive / internet marketing dilakukan melalui twitter dan website menjadi salah satu promotion tools yang paling sering digunakan Demajors karena tools
tersebut dapat memfasilitasi seluruh penggunaan seluruh promotion tools yang sesuai dengan target market Demajors.
Actions (login required)
|
View Item |