PENGETAHUAN KONSUMEN TENTANG KATALOG ORIFLAME SEBAGAI MEDIA UNTUK MEMASARKAN PRODUK

MARSYA FAWZIA, 070810447 (2013) PENGETAHUAN KONSUMEN TENTANG KATALOG ORIFLAME SEBAGAI MEDIA UNTUK MEMASARKAN PRODUK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pengetahuan konsumen tentang katalog Oriflame sebagai media untuk memasarkan produk. Penelitian ini berawal dari asumsi bahwa kesuksesan Oriflame sebagai perusahaan multi nasional, adalah berkat katalog cetak sebagai media untuk memasarkan produk. Katalog, selain telah banyak perusahaan yang menggunakannya sebagai media pemasaran, juga diketahui berisi banyak informasi mengenai produk selain gambar produk. Ketertarikan konsumen untuk membeli pun bisa juga dikarenakan media katalog cetak ini, mengingat perusahaan Oriflame yaitu perusahaan Multi Level Marketing tidak menyediakan toko atau gerai untuk memamerkan barangnya. Penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Dengan purposive sampling, yaitu penentuan responden berdasarkan karakter – karakter tertentu yang relevan dengan penelitian. Responden pada penelitian ini memiliki empat kriteria, yaitu berusia 20 – 40 tahun (laki – laki dan perempuan), pernah membaca katalog Oriflame tahun 2011/2012, pernah membeli atau menggunakan produk Oriflame (konsumen), serta berdomisili di Surabaya. Instrumen penelitian adalah kuesioner survei dan probing. Penelitian ini tidak memiliki kerangka sampling karena Oriflame sendiri tidak memiliki data konsumen. Media katalog menjadi pilihan objek penelitian karena media akan terus berkembang, serta berkat media lah tujuan praktis perusahaan, yaitu mendapatkan keuntungan, akan terjadi. Penelitian ini menggunakan model stimulus – organism - respons. Teori menyatakan bahwa stimulus akan menghasilkan respons apabila stimulus kuat. Teori tersebut menyatakan bahwa terdapat respon yang berbeda pada tiap individu. Data penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan konsumen berpengetahuan tinggi sebanyak 73 responden. Selain itu sebanyak 30 responden merasa katalog kurang informatif dalam tugasnya untuk memasarkan produk. Saran responden adalah media sosial dan media online website adalah media pemasaran yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.36/13 Faw p
Uncontrolled Keywords: MARKETING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
MARSYA FAWZIA, 070810447UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Moerdijati, Dra. MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 30 May 2013 12:00
Last Modified: 28 Jul 2016 02:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15630
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item