ANAK JALANAN (STUDI DESKRIPTIF ANAK JALANAN BEKERJA SEBAGAI PENJUAL KORAN DI KOTA SURABAYA)

Fitri Anindyasari, 070914028 (2013) ANAK JALANAN (STUDI DESKRIPTIF ANAK JALANAN BEKERJA SEBAGAI PENJUAL KORAN DI KOTA SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Anak jalanan merupakan suatu komunitas anak yang rentan terhadap tindakan kekerasan yang terjadi pada mereka. Akibat terjadinya krisis ekonomi sehingga banyak para keluarga yang berada di bawah garis kemiskinan yang mendorong anaknya bekerja di jalan untuk mencukupi kebutuhannya hingga terjadinya tindakan eksploitasi terhadap anak. Selama berada di jalanan anak-anak tersebut banyak mengalami berbagai macam resiko yang harus mereka hadapi. Adanya tindakan kekerasan dan resiko selama mereka di jalan, sehingga membuat para anak jalanan melakukan cara untuk dapat bertahan hidup dalam menghadapi segala bentuk tindakan yang tidak menyenangkan. Penelitian dilakukan untuk menjawab beberapa pertanyaan penelitian berikut: (1) Bagaimana mekanisme anak jalanan sebagai penjual koran untuk dapat bertahan hidup? (2) Apakah yang menyebabkan anak bekerja di jalan, terutama sebagai penjual koran?. Tipe penelitian deskriptif dengan analisis kualitatif, penelitian ini menggunakan pola pada teori mekanisme survival rumah tangga keluarga miskin George Carner dan teori Strategi kelangsungan rumah tangga (household survival strategy) Harbinson. Serta teori child Abuse yang lebih spesifik dikemukakan oleh Terry E. Lawson. Dalam penelitian ini ditentukan informan yang digunakan yaitu anak jalanan yang bekerja sebagai penjual koran di kota Surabaya. Penentuan informan penelitian menggunakan metode asidental. Jumlah informan yang diwawancarai sebanyak 5 (lima) orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa anak jalanan penjual koran bekerja di jalanan untuk membantu orang tuanya termasuk ekonomi keluarga, selama di jalanan mereka juga sering tertangkap oleh SATPOL PP,selain itu mereka juga pernah mengalami pemerasan serta mendapat ancaman dari preman, dan anak jalanan harus kreatif dalam menghadapi segala hal agar dapat bertahan hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.S.34 13 Ani a
Uncontrolled Keywords: CHILDREN ; NEWSPAPER
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV701-1420.5 Children
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Fitri Anindyasari, 070914028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBagong Suyanto,, Dr. Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 19 Aug 2013 12:00
Last Modified: 29 Jul 2016 10:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15646
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item