ANALISA USABILITY PADA WEBSITE (studi deskriptif tentang Usability website perpustakaan Universitas Airlangga dari sudut pandang pengguna website www.lib.unair.ac.id)

GHOZWUL FIKRI FALLYAR CHAMMUZZAKI, 070810753 (2013) ANALISA USABILITY PADA WEBSITE (studi deskriptif tentang Usability website perpustakaan Universitas Airlangga dari sudut pandang pengguna website www.lib.unair.ac.id). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-chammuzzak-28523-7.abstr-k.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Fis.IIP. 67-13 Cha a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Website perpustakaan Universitas Airlangga merupakan suatu sistem informasi yang mengenai tentang berbagai informasi yang berada di perpustakaan Universitas Airlangga. Penerapan website tersebut untuk memudahkan pengguna dalam mengakses serta menemukan kebutuhan informasi yang berupa informasi akademik maupun non akademik. Menganalisis website tersebut dengan menggunakan model Usability dari Jacob Nielsen (1993), penelitian ini bertujuan menggambarkan tentang analisa website perpustakaan Universitas Airlangga yang mengacu pada model Usability. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif tipe deskriptif. Populasi yang diambil terdiri dari pengguna sistem informasi website perpustakaan Universitas Airlangga. Pengambilan sampel menggunakan Random Sampling, karena jumlah populasi yang besar dan kerangka sampel yang jelas. Sebanyak 100 responden yang diteliti melalui kuesioner dengan dasar pengguna atau mahasiswa yang sudah memanfaatkan website perpustakaan Universitas Airlangga sebanyak 3 kali. Berdasarkan hasil analisa dengan menggunakan model Usability tentang pengukuran kebergunaan website perpustakaan Universitas Airlangga diketahui bahwa kemudahan penggunaan (Learnability), kecepatan penggunaan Efficiency), daya ingat penggunaan (Memorability), beberapa kesalahan (Few Errors), dan kepuasan pengguna (Pleasant to Use) cukup baik dan pengguna dapat merasakan kegunaan website perpustakaan Universtas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP. 67/13 Cha a
Uncontrolled Keywords: WEB SITES
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Z Bibliography. Library Science. Information Resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
GHOZWUL FIKRI FALLYAR CHAMMUZZAKI, 070810753UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDyah Puspitasari, S.Kom. M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 02 Dec 2013 12:00
Last Modified: 31 Aug 2016 05:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15694
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item