KONFLIK INTERNAL DALAM KOMUNITAS BONEK (Studi deskriptif perpecahan dan perselisihan dalam mendukung team Persebaya yang terjadi di kalangan Bonek di Surabaya)

RIZAL MUSTOFA KAMAL, 070914002 (2014) KONFLIK INTERNAL DALAM KOMUNITAS BONEK (Studi deskriptif perpecahan dan perselisihan dalam mendukung team Persebaya yang terjadi di kalangan Bonek di Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-kamalrizal-29660-6.abstr-k.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Fis. S. 01-14 Kam k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Konflik yang terjadi ini merupakan Konflik Internal yang terjadi di dalam Komunitas Bonek di Surabaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :1). Apakah latar belakang dari konflik internal yang terjadi dalam Komunitas Bonek? 2). Bagaimana proses konflik internal tersebut terjadi dalam Komunitas Bonek? 3). Sejauh mana proses negosiasi dan mediasi yang sudah dilakukan oleh pihak-pihak yang terkait? 4). Bagaimana penyelesaian dari konflik internal dalam Komunitas Bonek tersebut? Sedangkan untuk menjawab permasalahan tersebut dalam penelitian ini digunakan teori Konflik dari Ralf Dahrendorf bahwa konflik yang terjadi karena ada kepentingan yang di perebutkan. Penelitian ini merupakan tipe penelitian deskriptif dengan analisa kualitatif. Sedangkan teknik pemulihan informan yang digunakan adalah purposive yang berarti peneliti telah mengkategorikan informan-informan yang akan diwawancarai untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Selanjutnya untuk pengumpulan data atau informasi peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam dengan menggunakan pedoman wawancara. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : pertama, konflik terjadi karena adanya kepentingan yakni kepentingan politik yang meliputi kekuasaan dan kepentingan ekonomi. Kedua, berbagai solusi sudah dilakukan diantaranya lewat jalan melakukan diskusi, dengan mendatangkan mediator tetapi tidak juga memperoleh jalan keluar terhadap konflik yang terjadi. Malah konflik semakin meluas dan mengarah ke arah yang berbuntut dengan kekerasan fisik sampai pada akhirnya ketika solusi-solusi yang dilakukan tidak juga berhasil. Maka dilakukan resolusi terakhir dengan penyelesaian secara jalur pengadilan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. S. 01/14 Kam k
Uncontrolled Keywords: CONFLICT OF INTERESTS; FOOTBALL FANS
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Creators:
CreatorsNIM
RIZAL MUSTOFA KAMAL, 070914002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSepti Ariadi, Drs , MAUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 29 Jan 2014 12:00
Last Modified: 01 Sep 2016 04:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15714
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item