ANALISIS KETERPAKAIAN KOLEKSI UMUM (Studi evaluasi mengenai tingkat keterpakaian koleksi umum berdasarkan data sirkulasi di perpustakaan kampus B Universitas Airlangga Surabaya)

MOCH FACHRI ZULKIFLY, 070916045 (2014) ANALISIS KETERPAKAIAN KOLEKSI UMUM (Studi evaluasi mengenai tingkat keterpakaian koleksi umum berdasarkan data sirkulasi di perpustakaan kampus B Universitas Airlangga Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-zulkiflymo-30861-7.abstr-k.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Fis. IIP. 40-14 Zul a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui tigkat keterpakaian koleksi umum pada Perpustakaan Kampus B Universitas Airlangga Surabya. Skripsi ini membahas tingkat keterpakaian koleksi umum oleh pengguna (mahasiswa dan dosen) melalui peminjaman serta mengungkapkan faktor-faktor yang menyebabkan koleksi tersebut terpakai atau tidak oleh pengguna. Sampel koleksi diambil sebanyak 398 eksemplar yang teknik pengambilanya menggunakan teknik stratified random sampling. Dari mengkaji data sirkulasi dan metode probing didapatkan fakta bahwa tingkat keterpakaian koleksi di perpustakaan kampus B Universitas Airlangga masih rendah. Dari 398 eksemplar koleksi didapatkan koleksi yang dipinjam hanya 48% dari total keseluruhan dan yang tidak pernah dipakai sejumlah 52% dari koleksi. Dari seluruh nomor klas koleksi yang paling jarang dipinjam adalah koleksi pada nomor klas 900 atau koleksi sejarah dan geografi yaitu dengan jumlah peminjaman dari 14 eksemplar buku didapatkan hanya sekitar 4 eksemplar koleksi yang pernah dipinjam sedangkan sisanya tidak pernah terpakai. Sedangkan koleksi yang paling banyak dipinjam adalah koleksi pada nomor klas 700 atau koleksi kesenian dengan jumlah peminjaman dari 4 eksemplar buku yang pernah dipinjam sebanyak 3 eksemplar. Didapatkan pernyataan dari responden bahwa 3 faktor utama tingkat keterpakaian adalah : proses seleksi, promosi, serta kendala bahasa yang digunakan dalam koleksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. IIP. 40/14 Zul a
Uncontrolled Keywords: LIBRARY MATERIALS; LIBRARY CIRCULATION AND LOANS
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
MOCH FACHRI ZULKIFLY, 070916045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDyah Puspitasari, S.Kom, M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 10 Apr 2014 12:00
Last Modified: 01 Sep 2016 08:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15729
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item