ANALISIS SEMIOTIKA: KONSTRUKSI PERLAWANAN PADA MURAL "WHAT'S NEXT INDONESIA BATIK"

SEKARAYU PUTRIALAM, 071015034 (2014) ANALISIS SEMIOTIKA: KONSTRUKSI PERLAWANAN PADA MURAL "WHAT'S NEXT INDONESIA BATIK". Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-putrialams-33225-5.abstr-k.pdf

Download (667kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15738.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perlawanan yang dikonstruksikan pada seni jalanan mural yakni dengan melakukan analisis semiotika Roland Barthes pada mural yang berjudul “What’s Next Indonesia Batik” karya Heri Puruhito. Penelitian ini menarik untuk dilakukan karena mural merupakan seni jalanan dan produk subkultur yang menggunakan ruang publik untuk menyuarakan aksi perlawanan dan protes terhadap budaya dominan kapitalis. Melalui penelitian ini, peneliti mengungkap nilai perlawanan yang dikonstruksikan melalui mural “What’s Next Indonesia Batik”. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif dengan tipe eksploratif yang menggunakan analisis semiotika Roland Barthes sebagai metodenya. Sedangkan, tinjauan pustaka yang digunakan pada penelitian ini adalah Mural Sebagai Seni Jalanan Dalam Pandangan Pop Art, Mural Sebagai Produk Subkultur, Kuasa Kapitalisme Dalam Ruang Publik, Batik Sebagai High Culture, Semiotika Roland Barthes Dalam Visual Culture. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa perlawanan pada mural “what’s Next Indonesia Batik” dikonstruksikan melalui penanda blangkon, wajah lelaki dengan rambut ‘gondrong’ yang menggunakan kacamata, motifmotif batik terdiri dari motif batik parang dan kawung, tagline “What’s next Indonesia Batik”, serta warna pemilihan warna seperti kuning orange muda, merah, dan hitam. Mural “What’s Next Indonesia Batik” mengkonstruk bahwa ide perlawanan pada seni jalanan merupakan perlawanan yang dilakukan dengan nilai-nilai maskulinitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. K. 87/14 Put a
Uncontrolled Keywords: SEMIOTICS
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
SEKARAYU PUTRIALAM, 071015034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorI.G.A.K. Satrya Wibawa, S. Sos., MCAUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 11 Sep 2014 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 21:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15738
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item