INTERPRETASI KHALAYAK PADA IDENTITAS POLISI YANG DIREPRESENTASIKAN DI TELEVISI

AYU PUSPA LESTARI, 071015027 (2014) INTERPRETASI KHALAYAK PADA IDENTITAS POLISI YANG DIREPRESENTASIKAN DI TELEVISI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-lestariayu-33256-7.abstr-k.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Fis. K. 56-14 Les i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini fokus pada interpretasi khalayak mengenai identitas polisi yang direpresentasikan di televisi. Penerimaan khalayak yang dimaksud berupa persepsi maupun opini khalayak terhadap identitas polisi. Beragam identitas dibentuk dan ditampilkan melalui tayangan televisi. Signifikansi dalam penelitian ini adalah khalayak dapat melakukan persepsi yang beragam melalui jenis-jenis tayangan yg berbeda. Subyek penelitian ini adalah khalayak yang pernah mengkonsumsi tayangan televisi yang menampilkan identitas polisi. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana interpretasi khalayak terhadap identitas polisi yang direpresentasikan di televisi. Penelitian ini menggunakan metode reception analysis serta kualitatif eksploratif sebagai alat untuk mengeksplorasi pemaknaan dari diri khalayak. Pada teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan metode focus group discussion untuk memperoleh data-data kualitatif dari para khalayak. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang beragam, peneliti memilih khalayak secara umum, karena isu yang dimunculkan adalah isu nasional dan peneliti ingin mencari tahu dinamika interpretasi dari khalayak dengan berbagai latar belakang budaya yang berbeda. Selain itu yang berbeda di antaranya jenis kelamin, usia, pendidikan serta pekerjaan dan faktor ekonomi yang heterogen. Berdasarkan analisis penelitian, dapat disimpulkan bahwa bahwa khalayak memiliki berbagai macam pemaknaan mengenai identitas polisi yang direpresentasikan di televisi. Identitas polisi di televisi dimaknai oleh khalayak sebagai bentuk perbaikan citra. Kemudian, tayangan-tayangan yang mencoba menunjukkan bahwa polisi dekat dengan masyarakat dimaknai oleh khalayak sebagai bentuk perbaikan citra dari kepolisian. Selain itu, tayangan-tayangan yang menampilkan pemberitaan mengenai polisi yang terlibat dalam kasus hukum, menjadi bukti dimata khalayak bahwa apa yang mereka lihat secara langsung benar adanya. Tayangan yang menampilkan kinerja polisi lebih dimaknai sesuatu yang penting oleh khalayak. Khalayak juga menilai identitas polisi yang ditampilkan di televisi berbeda dengan identitas yang mereka temui sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. K. 56/14 Les i
Uncontrolled Keywords: AUDIENCES, TELEVISION; IDENTITY
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
AYU PUSPA LESTARI, 071015027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNisa Kurnia I, S.Sos.,M. Med-KomUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 17 Sep 2014 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 04:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15741
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item