EKSISTENSI SEKOLAH HOMOGEN (Studi Deskriptif di SMA Stella Duce 1 Yogyakarta)

Bernadetha Desi Ardiyanti, 070914042 (2014) EKSISTENSI SEKOLAH HOMOGEN (Studi Deskriptif di SMA Stella Duce 1 Yogyakarta). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-ardiyantib-34357-6.abstr-k.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-ardiyantib-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ditengah-tengah arus jaman saat ini banyak sekolah homogen beralih haluan, namun masih adanya beberapa sekolah homogen yang bertahan dengan kehomogenannya. Iklim sekolah yang dimiliki oleh sekolah homogen terbentuk dari sosialiasasi dan interaksi antar individu di sekolah, serta menyesuaikan dengan visi misi dan tujuan dari sekolah homogen. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan penelitian yaitu iklim sekolah yang bagaimanakah yang dimiliki SMA Stella Duce 1 Yogyakarta dan upaya apa saja yang dilakukan untuk mempertahankan keeksistensiannya sebagai sekolah homogen. Studi ini menggunakan beberapa teori seperti Teori Sosialisasi, Teori Interaksi Sosial, dan Iklim Pendidikan dan Efektivitas Sekolah. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif. Sementara untuk memperoleh data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam dan observasi. Dalam menentukan informan, dilakukan berdasarkan dasar-dasar pengambilan data secara purposive. Data yang telah diperoleh kemudian akan dijabarkan lalu dianalisis dengan analisis data secara kualitatif. Dari penelitian ini diperoleh bahwa iklim belajar yang kondusif di sekolah didukung dengan adanya sosialisasi dan interaksi yang baik antara yang satu dengan yang lain. Sosialisasi dan interaksi yang berlangsung di sekolah tidak hanya hubungan antara guru dengan murid di dalam kelas. Di luar kelas, guru melakukan kontak langsung dengan murid untuk membantu murid menghadapi kesulitannya terutama dalam bidang akademik. Sekolah pun membantu dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang menunjang murid untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat dan membentuk murid untuk menjadi sosok yang mandiri, bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. S. 66/14 Ard e
Uncontrolled Keywords: HOMOGENOUS SCHOOL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB3602-3640 School life. Student manners and customs
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Bernadetha Desi Ardiyanti, 070914042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKarnaji, S.Sos., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 15 Dec 2014 12:00
Last Modified: 03 Sep 2016 04:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15869
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item