STUDI TENTANG DAMPAK INOVASI TRANSFORMATIF PELAYANAN CARE SUPPORT AND TREATMENT PADA TINGKAT KEPUASAN PASIEN HIV / AIDS DI RSUD GAMBIRAN KOTA KEDIRI

PAKSI JOKO WISESO, 071011015 (2014) STUDI TENTANG DAMPAK INOVASI TRANSFORMATIF PELAYANAN CARE SUPPORT AND TREATMENT PADA TINGKAT KEPUASAN PASIEN HIV / AIDS DI RSUD GAMBIRAN KOTA KEDIRI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-wisesopaks-34390-6.abstr-k.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-wisesopaks-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS)merupakan suatu permasalahan serius yang mengancam berbagai segi kehidupan karena dampak yang ditimbulkan tidak hanya terkait dengan permasalahan kesehatan namun juga melebar ke permasalahan sosial bagi si penderita. Dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan secara utuh pada penderita HIV atau Orang dengan HIV AIDS (ODHA) maka RSUD Gambiran Kota Kediri selaku penyedia layanan kesehatan melakukan sebuah inovasi pelayanan Care Support and Treatment. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah Bagaimana dampak inovasi transformatif pelayanan care support and treatment pada tingkat kepuasan pasien dengan HIV dan AIDS di RSUD Gambiran Kota Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah motode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik penentuan informan, dengan menggunakan key informan yang selanjutnya berkembang dengan teknik snowball. Proses analisis data dilakukan dengan Pengelompokkan serta mengkombinasikan data yang diperoleh, dan juga menetapkan serangkaian hubungan keterkaitan antara data tersebut. Sedangkan validitas data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Penerapan inovasi transformatif pelayanan care support and treatment yang dilakukan RSUD Gambiran terlaksana dengan tujuan yang diinginkan yaitu meningkatkan kepuasan pasien. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pasien penderita HIV / AIDS merasa cukup puas. Peningkatan kepuasan terhadap layanan disebabkan keberhasilan RSUD Gambiran dalam memberikan pelayanan melalui pengembangan Core Capability yang baik dengan cara sistem manajerial yang terpadu dan saling menunjang, pengetahuan dan nilai petugas layanan yang baik. Dampak positif yang ditimbulkan karena meningkatnya kepuasan tersebut adalah meningkatnya intensitas mereka dalam mengakses layanan dan meningkatnya motivasi serta semangat hidup. Sementara bagi penyedia layanan adalah meningkatnya kompetensi petugas pelayanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. AN. 37-14 Wis s
Uncontrolled Keywords: PATIENT SATISFACTION
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
PAKSI JOKO WISESO, 071011015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSunaryo, Drs. , M.PStUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 16 Dec 2014 12:00
Last Modified: 03 Sep 2016 06:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15878
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item