TAHAPAN SOSIALISASI PROGRAM LARASITA DALAM PENGURUSAN SERTIFIKAT TANAH DI DESA BRAYUBLANDONG, KECAMATAN DAWARBLANDONG, KABUPATEN MOJOKERTO

WHINDA EMA SUSANTY, 070911014 (2014) TAHAPAN SOSIALISASI PROGRAM LARASITA DALAM PENGURUSAN SERTIFIKAT TANAH DI DESA BRAYUBLANDONG, KECAMATAN DAWARBLANDONG, KABUPATEN MOJOKERTO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-susantywhi-34425-6.abstr-k.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15887.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh program Larasita yang menggunakan sistem jemput bola untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus sertifikat tanah. Faktanya masih banyak masyarakat yang masih belum mengerti mengenai syarat dan prosedur pengurusan sertifikat tanah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana tahapan sosialisasi program Larasita dalam pengurusan sertifikat tanah di Desa Brayublandong, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto. Secara teoritis, perspektif teori yang digunakan adalah difusi inovasi untuk menjelaskan bagaimana tahapan sosialisasi program Larasita. Tahapan sosialisasi tersebut meliputi tahap pemberian informasi, tahap persuasi, tahap pelaksanaan, dan tahap konfirmasi. Metode penelitian adalah tipe penelitian kualitatif evaluatif dengan menggunakan purposive samping dalam menentukan informan penelitian. Terdiri dari dua belas informan yaitu tim pelaksana Larasita di Kantor Pertanahan Kabupaten Mojokerto, dan Masyarakat Desa Brayublandong. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahapan sosialisasi program Larasita di Desa Brayublandong belum optimal karena masih banyak masyarakat yang belum memanfaatkan program Larasita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. AN. 48/14 Sus t
Uncontrolled Keywords: LAND CERTIFICATE
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD101-1395.5 Land use Land tenure
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
WHINDA EMA SUSANTY, 070911014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErna Setijaningrum, , S.I.P., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 18 Dec 2014 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 21:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15887
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item