PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PRIMA DAN KESADARAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN FORMALWAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SURABAYA MULYOREJO

MARTIANA KUSUMARASRI, 040710884 (2012) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PRIMA DAN KESADARAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN FORMALWAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA SURABAYA MULYOREJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-kusumarasr-21328-5.abstr-i.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendapatan dari sektor perpajakan saat ini merupakan penyumbang penerimaan Indonesia terbesar bagi penyelenggaraan pemerintahan maupun pembangunan Indonesia, oleh karena itu sektor perpajakan menjadi sektor yang dapat diandalkan karena merupakan penerimaan yang bersifat rutin. Salah satu cara untuk meningkatkan penerimaan pajak adalah dengan pemberian pelayanan prima perpajakan yang berkualitas dan meningkatkan kesadaran perpajakan bagi Wajib Pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesadaran perpajakan dan kualitas pelayanan prima yang terdiri dari pelaksanaan prosedur pelayanan, tingkat kemampuan SDM, dan ketersediaan prasarana terhadap kepatuhan formal Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Surabaya Mulyorejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menitikberatkan pada uji hipotesis melalui analisis regresi linier berganda. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Surabaya Mulyorejo yang menyetor SPT di KPP Pratama Surabaya Mulyorejo, dengan jumlah responden sebanyak 400 orang. Variabel bebas yang digunakan adalah kesadaran perpajakan dan kualitas pelayanan prima yang terdiri dari pelaksanaan prosedur pelayanan, tingkat kemampuan SDM, dan ketersediaan prasarana, sedangkan variabel terikatnya adalah kepatuhan formal Wajib Pajak Orang Pribadi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa secara simultan kesadaran perpajakan dan dan kualitas pelayanan prima yang terdiri dari pelaksanaan prosedur pelayanan, tingkat kemampuan SDM, dan ketersediaan prasarana berpengaruh siginifikan terhadap kepatuhan formal Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Surabaya Mulyorejo. Disimpulkan pula bahwa secara parsial kesadaran, pelaksanaan prosedur pelayanan, dan tingkat kemampuan SDM berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan formal Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Surabaya Mulyorejo, sedangkan ketersediaan sarana dan prasarana tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan formal Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Surabaya Mulyorejo. Variabel yang paling dominan mempengaruhi kepatuhan formal Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Surabaya Mulyorejo adalah kesadaran perpajakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.207/12 Kus p
Uncontrolled Keywords: TAXATION
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
MARTIANA KUSUMARASRI, 040710884UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHeru Tjaraka, Dr., DRS, AK, BKP., M.Si.,UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 19 Nov 2012 12:00
Last Modified: 01 Aug 2016 02:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1594
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item