VARIASI SOFT TISSUE PADA WAJAH POPULASI BATAK TOBA DI SURABAYA

DEVI AYU A. NASUTION, 071117009 (2016) VARIASI SOFT TISSUE PADA WAJAH POPULASI BATAK TOBA DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16145.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rekonstruksi wajah adalah scientific art untuk merangkai wajah pada tengkorak untuk keperluan identifikasi individu. Scientific art adalah penerapan keterampilan artistik dengan mengikuti aturan ilmiah. Wajah tiap individu berbeda bahkan bagi saudara kembbar identik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ukuran soft tissue di titik-titik rekonstruksi wajah dan perbedaan soft tissue wajah yang signifikan antara laki-laki dengan perempuan pada populasi Batak Toba di Surabaya. Metode penelitian menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 40 orang, terdiri dari 20 laki-laki dan 20 perempuan, usia 17-25 tahun dan keturunan Batak Toba tiga generasi. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan radiografi: general x-ray dua posisi, yaitu posisi lateral dan frontal, untuk mencari ukuran di tiap-tiap titik rekonstruksi wajah pada hasil x-raymenggunakan aplikasi AGFA. Hasil Uji statistik independen t-test pada posisi lateral menunjukkan adanya perbedaan ketebalan soft tissue pada ke enam titik rekonstruksi wajah kelompok laki-laki dan kelompok perempuan, yaitu variabel I-I’, Ns-Sn, A-Sls, Sd-Ls, Is-Sto dan Id-Li. Pada posisi frontal sisi kanan dan sisi kiri dinyatakan bahwa rata-rata soft tissue kelompok laki-laki adalah tidak berbeda secara signifikan dengan kelompok perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. ANT. 20/16 Nas v
Uncontrolled Keywords: FACIAL RECONSTRUCTION; SOFT TISSUE
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT401-485 Rural groups. Rural sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
DEVI AYU A. NASUTION, 071117009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMyrtati Dyah Artaria, Dra. , MA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 02 Mar 2016 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 21:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16145
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item