IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI PT. PERTAMINA (PERSERO) UNIT PEMASARAN V SURABAYA (Studi Deskriptif tentang Partnership antara PT. Pertamina (Persero) Unit Pemasaran V Surabaya dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam Implementasi Pro

NITA KHARISMA KARUNIA, 070710459 (2011) IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI PT. PERTAMINA (PERSERO) UNIT PEMASARAN V SURABAYA (Studi Deskriptif tentang Partnership antara PT. Pertamina (Persero) Unit Pemasaran V Surabaya dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam Implementasi Pro. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-karunianit-20198-fisan2-k.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16162.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan fenomena sosial yang timbul sejak adanya kesadaran akan keberlanjutan perusahaan dalam jangka panjang yang ternyata lebih penting daripada peningkatan keuntungan perusahaan semata. Indonesia merupakan negara pertama di dunia yang meregulasi aktivitas CSR dalam bentuk Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 pasal 74 tentang Perseroan Terbatas. Namun belum ada Peraturan Pemerintah (PP) yang jelas atas undang-undang tersebut. Padahal sampai saat ini sudah banyak pelaku bisnis yang mengimplementasikannya, salah satunya adalah PT. Pertamina (Persero). Perusahaan yang bergerak di bidang sumber daya alam apalagi pertambangan pasti berdampak positif dan juga negatif atas operasi bisnisnya. Oleh karena itu pelaksanaan CSR terhadap stakeholders-nya terutama masyarakat dan pemerintah sangat diperlukan. Teori yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah teori implementasi kebijakan dari George Edward III yang dielaborasi dengan teori stakeholders. Lokasi Penelitian ini dilakukan di PT.Pertamina (Persero) Unit Pemasaran V Surabaya dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) di PT. Pertamina (Persero) Unit Pemasaran V Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif serta pengambilan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan dengan cara purposive sampling dan dilanjutkan dengan snowball sampling yang meliputi informan yang berada di PT.Pertamina (Persero) Unit Pemasaran V Surabaya khususnya bagian CSR dan juga informan yang berasal dari pihak Pemerintah Provinsi Jawa Timur yakni Biro Perekonomian dan Biro Kerjasama Setda Provinsi Jawa Timur, serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Timur. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menguji, mengkategorikan, serta mengkombinasikan kembali bukti yang didapatkan untuk merujuk pada pijakan awal penelitian, sedangkan keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah implementasi CSR PT. Pertamina (Persero) Unit Pemasaran V Surabaya tidak terimplementasikan dengan baik. Hal ini disebabkan oleh beberapa hambatan yaitu kurangnya komunikasi antara pihak perusahaan dan pihak eksternal perusahaan yaitu pemerintah dalam hal pemberian data yang dibutuhkan dalam penyusunan program CSR, kurangnya jumlah SDM yang menangani program CSR, Kurangnya koordinasi dan pemahaman antar pelaksana dalam mengartikan apa arti CSR sesungguhnya, terutama koordinasi dengan jajaran bawah pemerintahan. Sehingga diharapkan koordinasi antara PT. Pertamina (Persero) Unit Pemasaran V Surabaya dan pemerintah harus lebih ditingkatkan lagi agar program CSR dapat terimplementasikan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis AN 28 /11 Kar i
Uncontrolled Keywords: CORPORATE CULTURE
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2709-2930.7 Corporations
H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7340-7512 Commercial law > K7485-7495 Business associations. Business corporations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
NITA KHARISMA KARUNIA, 070710459UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJusuf Irianto, Prof. Dr. H., M.ComUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 13 Oct 2011 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 21:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16162
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item