IMPLEMENTASI PROGRAM URBAN FARMING DI KELURAHAN MADE SURABAYA

Ganis Ayu Herlambang, 070710464 (2011) IMPLEMENTASI PROGRAM URBAN FARMING DI KELURAHAN MADE SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-herlambang-20237-fisan3-k.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-herlambang-16988-fisan3-i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana implementasi Program Urban Farming di Kelurahan Made Surabaya, dan bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi program tersebut. Hampir setiap kebijakan/program mengusung tema pemberdayaan, tidak terkecuali dengan Program Urban Farming. Pemberdayaan yang dimaksud tentunya harus bersifat mendidik kelompok sasaran agar lebih mandiri, dengan begitu diharapkan kelompok sasaran yang notabenenya berasal dari keluarga miskin mampu melanjutkan kelangsungan hidup dari bekal ilmu yang diperoleh selama program berlangsung. Untuk mengetahui bagaimana implementasi Program Urban Farming di Kelurahan Made, maka digunakan 5 indikator, yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi, struktur birokrasi dan dukungan publik (kelompok sasaran). Penelitian ini menggunakan teori gabungan antara George C. Edward III dan Mazmanian & Sebatier, yang menggabungkan antara pemerintah dengan kelompok sasaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan tipe penelitian deskriptif, lokasi penelitian berada di Kelurahan Made, karena tempat tersebut dikenal sebagai icon Program Urban Farming yang memiliki banyak prestasi membanggakan. Informan yang diambil dalam penelitian ini diambil dari Dinas Pertanian Kota Surabaya, implementor program dan warga di Kelurahan Made yang mendapatkan paket bantuan urban farming. Untuk teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling yang kemudian berkembang dengan menggunakan teknik snowball sampling. Peneliti juga menggunakan teknik accidental sampling untuk mendapatkan informasi dari informan yang kebetulan ditemui ketika sedang melakukan penelitian. Selanjutnya untuk pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan reduksi data, kemudian disajikan secara berurutan dan berujung pada penarikan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis AN 34 /11 Her i
Uncontrolled Keywords: AGRICULTURAL ; ECONOMIC ASPECT
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > GF125 Cities. Urban geography
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT351-352 Suburban cities and towns
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Ganis Ayu Herlambang, 070710464UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErna Setijaningrum, S.IP., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 17 Oct 2011 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 09:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16168
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item