KOMODITAS ASAL KAESONG INDUSTRIAL COMPLEX DALAM SOUTH KOREA-UNITED STATES FREE TRADE AGREEMENT(KORUS FTA)

OLIVIA SUSANTO, 070810520 (2013) KOMODITAS ASAL KAESONG INDUSTRIAL COMPLEX DALAM SOUTH KOREA-UNITED STATES FREE TRADE AGREEMENT(KORUS FTA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-susantooli-25775-12.abst-k.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16181.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan free trade agreement antara Korea Selatan dan Amerika Serikat (KORUS FTA) telah mencapai tahap ratifikasi oleh badan legislatif kedua negara dan mulai diimplementasikan kedua pihak. Di dalam prosesnya, beberapa poin penting yang telah didefinisikan dan disetujui dalam dokumen resmi kesepakatan itu menjadi wacana menarik dalam masyarakat Korea maupun Amerika Serikat. Salah satu poin yang menarik berkaitan dengan kegagalan lobi Korea Selatan sehingga barang-barang komoditas dari Kaesong Industrial Complex (KIC) dikecualikan sebagai komoditas “Made in Korea” dalam kesepakatan perdagangan bebas antara Korea Selatan dan Amerika Serikat ini. Penelitian ini menganalisis pengaruh kelompok industri dalam negosiasi KORUS FTA yang menyebabkan pengecualian komoditas-komoditas dari KIC dan membuat Committee on Outward Processing Zones on the Korean Peninsula sesuai kesepakatan dalam Annex 22-B dalam KORUS FTA. Dengan membahas karakteristik kelompok industri dari KIC dan kelompok industri dengan komoditas yang sama di Amerika Serikat, penelitian ini mengkaji lebih jauh pengaruh kelompok industri khususnya terkait dengan kepentingan Amerika Serikat untuk melindungi arus perdagangan dalam negerinya dari serangan komoditas asal KIC melalui KORUS FTA. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh karakteristik supply chain dan external trade protection kelompok industri terhadap pengecualian komoditas asal KIC dalam kesepakatan KORUS FTA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FIS HI. 12/13
Uncontrolled Keywords: Kaesong Industrial Complex
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ1249-1254 Relation to other disciplines and topics
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
OLIVIA SUSANTO, 070810520UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWahyudi Purnomo, Drs., M.PhilUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 22 Jul 2013 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 21:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16181
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item