KEMANTEN JADUR(Studi Etnografi Tentang Makna Simbolik dalam Prosesi Perkawinan di Kelurahan Lumpur, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik)

ACHMAD ZUBAIR ABDUL QUDUS, 070917063 (2013) KEMANTEN JADUR(Studi Etnografi Tentang Makna Simbolik dalam Prosesi Perkawinan di Kelurahan Lumpur, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-qudusachma-26226-7.abstr-k.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-qudusachma-26226 FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pernikahan yang khas merupakan latar belakang penelitian ini, seperti pernikahan yang ada di Kelurahan Lumpur. Pernikahan tersebut memiliki keunikan pada setiap prosesinya. Warga sekitar menyebut prosesi ini sebagai “Kemanten Jadur”. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengkaji makna yang ada di dalam Kemanten Jadur, (2) menjaga tradisi tersebut agar tidak hilang oleh proses modernisasi, (3) sebagai pengenalan tradisi pernikahan yang ada di Kabupaten Gresik, salah satunya di Kelurahan Lumpur. Penelitian ini menggunakan metode etnografi, dengan analisis deskriptif-kualitatif, untuk itu dilakukan teknik pengumpulan obsevasi dan wawancara mendalam (Indepthinterview). Hasil penelitian adalah (1) dari prosesi Kemanten Jadur memiliki makna-makna berkehidupan rumah tangga agar menjadi pengantin yang bahagia di dunia, (2) Pengantin laki-laki diharapkan selalu berpedoman pada ajaran-ajaran agama Islam sesuai dengan apa yang ada pada prosesi sungkem, arak-arakan, dan temu manten, (3) Sungkem bermakna tawadu’ terhadap orang tua, (4) Arak-arakan merupakan pelajaran pengantin laki-laki mengenai lika-liku perjalanan yang dihadapi sebagai kepala keluarga, (5) Temu manten merupakan makana kebahagiaan, kesiapan, dan pengakuan dari orang tua pengantin perempuan, warga masyarakat, dan keluarga yang menyaksikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FIS ANT . 14 13 Qud k
Uncontrolled Keywords: meaning, Kemanten Jadur, proccessions, ethnographic..
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
ACHMAD ZUBAIR ABDUL QUDUS, 070917063UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjoko Adi Prasetyo, Drs., M. Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 30 Jul 2013 12:00
Last Modified: 09 Aug 2016 03:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16201
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item