Strategi Media Relations Divisi Penerangan Sosial Budaya (Pensosbud) KBRI Australia Terkait Pemberitaan Kasus Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Enggar Dwi Ammy JF, 071015050 (2013) Strategi Media Relations Divisi Penerangan Sosial Budaya (Pensosbud) KBRI Australia Terkait Pemberitaan Kasus Organisasi Papua Merdeka (OPM). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-enggardwia-29829-5.abstr-k.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-enggardwia-29829-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas strategi media relations yang dilakukan Divisi Penerangan Sosial Budaya (Pensosbud) KBRI Australia terkait pemberitaan kasus Organisasi Papua Merdeka (OPM). Sebagai humas (hubungan masyarakat), Pensosbud KBRI Australia melakukan kegiatan media relations. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, tipe penelitian deskriptif, dan menggunakan metode studi kasus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan cara melakukan wawancara mendalam (indepth interview) dan pengamatan, serta dokumentasi. Strategi media relations yang dilakukan Pensosbud adalah press statement, press release, dan press gathering. Dalam melakukan strategi tersebut, Pensosbud memberikan informasi, konfirmasi, dan edukasi terhadap wartawan dan media massa Australia mengenai kasus OPM. Hal tersebut dilakukan agar citra Indonesia tetap baik di mata internasional. Selain itu, inti dari strategi yang dilakukan Pensosbud adalah membina interpersonal relations dengan wartawan. Dengan begitu akan terjalin hubungan mutual benefit diantara kedua pihak. Kesimpulan yang penulis peroleh adalah Pensosbud melakukan beberapa kegiatan media relations untuk memenuhi informasi yang dibutuhkan wartawan, menghindari adanya wartawan yang berspekulasi dan mendapatkan informasi dari narasumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kredibilitasnya. Namun, Pensosbud juga meredam beberapa pemberitaan di media massa mengenai OPM agar masalah yang ada tidak semakin berkembang dan Pensosbud tidak terbawa agenda setting dari OPM yang menginginkan dukungan publik internasional untuk mendukung “free West Papua”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K. 10/14 Eng s
Uncontrolled Keywords: strategi, public relations, media relations.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Enggar Dwi Ammy JF, 071015050UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYAYAN SAKTI SURYADARU, S.Sos.MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 12 Feb 2014 12:00
Last Modified: 15 Aug 2016 02:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16238
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item