IDENTITAS SINDEN DALAM NOVEL INDONESIA (ANALISIS WACANA KRITIS TERHADAP IDENTITAS SINDEN DALAM DIRI PEREMPUAN)

ANDINA SETYANING RAHAYU, 071015049 (2013) IDENTITAS SINDEN DALAM NOVEL INDONESIA (ANALISIS WACANA KRITIS TERHADAP IDENTITAS SINDEN DALAM DIRI PEREMPUAN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-rahayuandi-29886-7.abstr-k.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-rahayuandi-29886-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini meneliti mengenai identitas sinden dalam novel Indonesia, yaitu The Sinden karya Halimah Munawir, Sinden karya Purwadmadi Admadipurwa, dan Hati Sinden karya Dwi Rahyuningsih.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana novel Indonesia mengartikulasikan identitas perempuan yang berprofesi sebagai sinden melalui narasi-narasi bahasa dan simbol. Hal ini bertujuan untuk memaknai bahasa novel tentang identitas sinden dalam diri perempuan yang dilihat dari novel Indonesia, juga untuk mengkritisi bagaimana sinden dengan identitasnya ditampilkan sebagai kelompok marjinal oleh para penulisnya melalui ideologi yang mereka bawa. Penelitian ini menggunakan metode analisis wacana kritis karena melihat adanya kelompok yang termarjinalkan dalam ketiga novel tersebut, yaitu perempuan yang berprofesi sebagai sinden. Inti dari metode analisis wacana kritis adalah menguraikan relasi kuasa, dominasi, dan ketimpangan yang diproduksi dalam sebuah wacana. Peneliti menggunakan pisau analisis milik Teun A. van Dijk, karena dianggap dapat mengakomodasi kebutuhan untuk menganalisis intertekstualitas antara teks, konteks / situasi sosial, dan kognisi sosial pencipta teks dalam praktik pewacanaan. Tinjauan pustaka penelitian ini meliputi media sebagai representasi identitas, novel sebagai sebuah teks dan hubungannya dengan budaya dan masyarakat, wacana gender feminis marxis, perempuan dan sensualitasnya dalam media massa, perempuan dalam novel, dan analisis wacana kritis Teun A. van Dijk. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Peneliti menggunakan analisis teks dan konteks sosial dalam menganalisis data, dengan sasaran penelitian adalah keseluruhan hal yang ada dalam ketiga novel tersebut, termasuk cover atau sampul depannya, dengan berfokus hanya pada tokoh utama dari masing-masing novel. Setelah melakukan penelitian, peneliti memperoleh sebuah hasil bahwa sinden diwacanakan memiliki beberapa hal yang dapat membentuk identitasnya.Yaitu melalui atribut, sensualitas, etnistitas, pendidikan, posisi dan perannya dalam masyarakat. Melalui penelitian kritis ini dapat juga digunakan untuk menyuarakan sesuatu yang timpang dalam kehidupan para sinden yang termarginalkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K. 14/14 Rah i
Uncontrolled Keywords: Wacana, Kritis, Novel, Identitas, Sinden
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
M Music and Books on Music > M Music > M1627-1853 Folk, national and ethnic music
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
ANDINA SETYANING RAHAYU, 071015049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachma Ida, Dra.,MA. Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 17 Feb 2014 12:00
Last Modified: 26 Aug 2016 04:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16247
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item