PEMBERIAN HADIAH TERHADAP DOSEN DALAM PERSPEKTIF SOSIOLOGIS(Studi Kasus di Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi Universitas Airlangga, Surabaya)

YULIANA WINDI SARI, 071014001 (2013) PEMBERIAN HADIAH TERHADAP DOSEN DALAM PERSPEKTIF SOSIOLOGIS(Studi Kasus di Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi Universitas Airlangga, Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-sariyulian-30020-5.abst-k.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-sariyulian-30020-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemberian hadiah adalah suatu realitas yang telah melekat dalam kehidupan masyarakat tak terkecuali dengan pemberian hadiah yang terjadi di kalangan mahasiswa terhadap dosen. Tak dapat dipungkiri dewasa ini konteks pemberian hadiah telah mengalami banyak pergeseran terutama jika ditinjau dari aspek hukum. Dalam penelitian yang dilakukan tidak mempermasalahkan pemberian hadiah sebagai suatu perilaku yang benar atau salah namun dalam penelitian yang dilakukan lebih menekankan pada pemberian hadiah yang dilakukan mahasiswa terhadap dosen berdasarkan sudut pandang sosiologis. Dimana permasalahan dalam penelitian yang dilakukan yaitu terkait dengan pemberian hadiah dalam sebagai refleksi dari prinsip pertukaran sosial disamping itu dalam penelitian yang telah dilakukan juga terdapat permasalahan tentang alasan yang mendasari perilaku pemberian hadiah yang dilakukan mahasiswa terhadap dosen. Perspektif teoritis Pertukaran sosial dari George Homans dan Pilihan Rasional dari James Coleman merupakan kerangka teoritis yang dipergunakan untuk menjelaskan pemberian hadiah. Kedua teori ini memberikan suatu tinjaun terhadap hasil temuan data di lapangan. Secara metodologis penelitian ini menggunakan paradigma perilaku sosial dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus Instrinsik, teknik penentuan informan dilakukan secara purposive. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pemberian hadiah merupakan refleksi dari prinsip pertukaran sosial, dalam hal ini telah terjadi pertukaran yang seimbang antara mahasiswa dengan dosen dalam konteks menjalin relasi sosial baik dalam ranah akademis maupun non akademis. Sedangkan alasan yang mendasari pemberian hadiah ini memiliki berbagai sudut pandang yang dapat terlihat dari alasan utama dan pendukung serta sumber daya yang dimiliki mahasiswa sehingga pemberian hadiah ini menjadi suatu pilihan rasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS S. 24/14 Sar p
Uncontrolled Keywords: Gift-giving, social exchange, rational choice
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61-97 Policy sciences
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
YULIANA WINDI SARI, 071014001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDoddy S. Singgih, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 26 Feb 2014 12:00
Last Modified: 01 Sep 2016 09:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16284
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item