Peranan Modal Sosial dalam Aktivitas Berbagi Informasi di Kalangan Mahasiswa Pengguna Blog

BETTY PRAMIDA RANI, 071016051 (2013) Peranan Modal Sosial dalam Aktivitas Berbagi Informasi di Kalangan Mahasiswa Pengguna Blog. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-ranibettyp-30029-8.abstr-k.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-ranibettyp-30029-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Semakin berkembangnya zaman di era teknologi yang diikuti dengan berkembangnya social mediaweblog membuat individu memiliki kompleksitas akankebutuhan informasi di masyarakat, salah satunya adalah kebutuhan berbagi informasi pada mahasiswa pengguna blog saat ini. Dimana mahasiswa dalam kegiatan berbagi informasi pada blog yang notabennya merupakan media berbagi informasi yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat didunia, mahasiswa akan memiliki perilaku yang berbeda ketika berbagi informasi secara langsung(Face to face) di perkuliahan , dimana peran modal sosial menjadi salah satu pembentuk perilaku berbagi informasi. Dari penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Agung Dwijayanto terkait Perilaku berbagi informasi dikalangan mahasiswa disimpulkan bahwa mahasiswa memiliki tipe modal sosial menjembatani(Bridging Social Capital) ketika melakukan berbagi informasi , dengan menerapkan enam komponen modal sosial meliputi kepercayaan, partisipasi, pertukaran, norma,nilai dan proaktif. Maka dalam hal ini peneliti ingin mencoba untuk meneliti lebih lanjut perilaku berbagi informasi mahasiswa Universitas Airlangga Kampus B Surabaya ketika menggunakan Blog sebagai sebagai medianya . Pada penelitian ini pengambilan sampel menggunakan non random sampling. Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti menunjukkan bahwa modal sosial ikut berperan dalam perilaku berbagi informasi pada mahasiswa ketika menggunakan blog, namun komponen proaktif tidak terlihat berperan penting dalam perilaku ngeblog mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP. 12/14 Ran p
Uncontrolled Keywords: social capital, weblogs and higher- students
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1176-1281 Social influence. Social pressure
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
BETTY PRAMIDA RANI, 071016051UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNove Eka Variant Anna, NIDN. 0008117802UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 26 Feb 2014 12:00
Last Modified: 25 Jul 2019 04:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16293
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item