STRATEGI ADAPTASI KELUARGA NELAYAN PANTAI PASCA JEMBATAN SURAMADU DI TAMAN HIBURAN PANTAI KENJERAN, KOTA SURABAYA

ADE FAUZI IRIANTO HAQ, 070917049 (2013) STRATEGI ADAPTASI KELUARGA NELAYAN PANTAI PASCA JEMBATAN SURAMADU DI TAMAN HIBURAN PANTAI KENJERAN, KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-haqadefauz-30102-6.abstr-k.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-haqadefauz-30102-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Taman Hiburan Pantai Kenjeran adalah salah satu lokasi wisata strategis yang menawarkan keindahan laut dan pesisir pantai sekaligus menjadi peluang ekonomi. Hal ini di manfaatkan oleh keluarga nelayan yang tinggal di sekitar untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dengan bekerja sebagai pedagang hasil laut dan tukang perahu. Hal ini menarik untuk diteliti. Masalah yang ditiliti adalah; bagaimana strategi adaptasi keluarga nelayan pantai pasca Jembatan Suramadu. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi adaptasi yang dilakukan oleh keluarga nelayan pasca Suramadu. Teori Sukadana (1983) strategi adaptasi digunakan dalam penelitian ini.Metode yang digunakan adalah etnografi untuk mendeskripsikan strategi adaptasi apa saja yang dilakukan keluarga nelayan pantai. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi pada aktivitas perdagangan yang sedang berlangsung dan wawancara mendalam kepada pedagang hasil laut dan tukang perahu dengan pedoman wawancara. Data dianalisis secara kualitatif dengan perspektif Antropologi Maritim Hasil penelitian adalah ; strategi adaptasi yang dilakukan pedagang hasil laut adalah pertama, membangun pola kerja produktif; kedua cara mereka memperoleh modal dengan meminjam kepada keluarga, koperasi, dan bank titil; ketiga, cara mereka dalam “kulakan” berupa memesan kepada sales, atau dilakukan secara berkelompok; keempat strategi mereka dalam pemasaran berupa memberi rayuan kepada pengunjung, menjaga kebersihan, menjual di depan pintu masuk dan memilih berdagang disetiap hari sabtu-minggu serta hari libur, memperlihatkan ketrampilan dalam mengolah bahan baku, memberikan harga murah; dan kelima membuat sebuah komitmen dengan tidak menyerobot pembeli. Strategi adaptasi yang dilakukan oleh tukang perahu adalah pertama, membangun pola kerja yang produktif; kedua,cara memperoleh perahu dengan membeli ke nelayan lain; ketiga, cara mereka membeli bahan bakar di pom bensin dan merawat perahu; keempat, strategi pemasaran berupa menarik pengunjung dengan cara mendatangi pengujung, memberikan penawaran jasa sesuai tujuan pengunjung, memberikan harga miring, menjaga kebersihan perahu, dan menghias perahu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT. 16/14 Haq s
Uncontrolled Keywords: adaptation strategies, family fishermen (the merchant marine and the boatman)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
ADE FAUZI IRIANTO HAQ, 070917049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRetno Andriati, Dra., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 03 Mar 2014 12:00
Last Modified: 06 Sep 2016 06:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16325
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item