Agung Surya Permana, 070810166 (2012) STUDI PEMAKNAAN EKSPLOITASI KERJA SALES PROMOTION GIRLS di SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-permanaagu-25163-6.abstr-k.pdf Download (231kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-permanaagu-25163-1.FULLTEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (790kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti dalam melihat perkembangan masyarakat yang terspesialisasi secara beragam. Spesialisasi dalam profesi sebagaimana diangkat dalam penelitian ini, yakni Sales Promotion Girls merupakan sebuah fenomena tersendiri seiring perkembangan akan dunia pemasaran produk yang semakin tinggi. Hadirnya Sales Promotion Girls dalam dunia pemasaran, bahkan tak jarang menjadi ujung tombak perusahaan dalam memasarkan barang produksinya, seringkali dimaknai secar sebelah mata. Dalam penelitian ini sendiri, fokus penelitian yakni berkisar pada bagaimana eksploitasi berlangsung dan bagaimanakah Sales Promotion Girls memaknai eksploitasi tersebut. Penelitian ini juga menggunakan teori konstruksi sosial Berger dan Luckmann. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini yakni metode kualitatif dengan pendekatan fenomonologis. Dalam penelitian ini, sebagaimana keterangan informan, ekspolitasi terhadap Sales Promotion Girls banyak terjadi dalam bentuk eksploitasi sistem kontrak antra Sales Promotion Girls dan agensi, eksploitasi gaji Sales Promotion Girls, eksploitasi sistem jam kerja Sales Promotion Girls, serta eksploitasi jaminan keamanan dan kesehatan yang harusnya didapatkan oleh Sales Promotion Girls. Dalam eksplotasi ini, peneliti yang juga mengarahkan penelitiannya kepada Sales Promotion Girls mahasiswi menemukan, bahwa pemaknaan Sales Promotion Girls terhadap eksploitasi yang menimpa mereka direspon dengan pembiaran-pembiaran meskipun mereka secara dasar mengetahui bahwa hal tersebut merugikan mereka. Sedangkan teori konstruksi sosial Berger dan Luckmann yang digunakan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pemaknaan eksploitasi oleh Sales Promotion Girls ini dapat dilihat dari bagaimana entry concept teori tersebut, yakni objective reality, symbolic reality dan subjecive reality, menjabarkan realitas yang terkonstruksi dalam diri Sales Promotion Girls. Proses eksternalisasi, internalisasi dan objektivasi sebagaimana teori konstruksi sosial Berger dan Luckmann menunjukkan bahwa Sales Promotion Girls cenderung melakukan tipifikasi terhadap ekspolitasi yang menimpa mereka.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FIS.S.62/13 Per s | ||||||
Uncontrolled Keywords: | SOCIAL CONSTRUCTIONS | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM661-696 Social control | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | shiefti dyah alyusi | ||||||
Date Deposited: | 02 Jul 2013 12:00 | ||||||
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:54 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16368 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |