Studi Tentang Implementasi Program Sanitasi Total dan Pemasaran Sanitasi (SToPS) dalam Perspektif Deliberatif di Desa Ngampungan Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang

Midia Juniar Rachmiarti, 070810148 (2013) Studi Tentang Implementasi Program Sanitasi Total dan Pemasaran Sanitasi (SToPS) dalam Perspektif Deliberatif di Desa Ngampungan Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-rachmiarti-26375-7.abstr-i.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-rachmiarti-26375-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Buruknya sanitasi dan perilaku higienis mengakibatkan kematian bayi, angka kesakitan dan kekurangan gizi pada anak menjadi ancaman besar bagi potensi sumber daya manusia. Di sisi lain, sarana sanitasi yang aman dan sehat dikaitkan dengan pertumbuhan ekonomi. Masyarakat miskin di wilayah perdesaan memiliki akses yang rendah terhadap sarana sanitasi terutama akses jamban sehat, dan masih menggunakan sumber air permukaan yang tercemar untuk memenuhi kebutuhan air dan sanitasi. Selain itu, minimnya pembangunan akses jamban sehat perdesaan umumnya berkaitan dengan tantangan perilaku yang sangat erat dengan praktek budaya. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat agar mampu mendukung program Sanitasi Total dan Pemasaran Sanitasi (SToPs) untuk mengurangi angka BABs dan mampu merubah pola pikir masyarakat sehingga beralih ke pola hidup sehat. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang pengaruh faktor dialog dan partisipasi dalam implementasi program SToPs di Desa Ngampungan Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara serta penggunaan dokumen sebagai sumber data sekunder. Wawancara secara langsung dilakukan terhadap 12 key informan, yang terdiri dari pejabat di Dinas Kesehatan dan masyarakat desa Ngampungan. Penelitian ini menemukan bahwa pada saat proses implementasi program SToPs tidak memperoleh hasil yang signifikan dan tidak berjalannya dialog dan partisipasi antara pemerintah dan masyarakat, sehingga tujuan program SToPs tidak tercapai maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN 14/13 Rac s
Uncontrolled Keywords: sanitation
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Midia Juniar Rachmiarti, 070810148UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDrs. Gitadi Tegas S, M.si, Drs., M.siUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 31 Jul 2013 12:00
Last Modified: 30 Aug 2016 03:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16381
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item