Peran Roundtable on Sustainable Palm Oil Terhadap Pertumbuhan Ekspor Kelapa Sawit Indonesia dan Malaysia di Pasar Uni EropaTerkait Kebijakan European Union – Emission Trading Scheme

INDRY YANY SYAHBUN SAMAUNA, 070810723 (2013) Peran Roundtable on Sustainable Palm Oil Terhadap Pertumbuhan Ekspor Kelapa Sawit Indonesia dan Malaysia di Pasar Uni EropaTerkait Kebijakan European Union – Emission Trading Scheme. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-samaunaind-28079-7.abstr-k.pdf

Download (55kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-samaunaind-28079-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Minyak kelapa sawit merupakan komoditi ekspor yang paling penting bagi Indonesia dan Malaysia, namun adanya kerusakan hutan di kawasan Borneo serta adanya gas buang emisi yang dihasilkan terlalu besar oleh industry ini mengakibatkan adanya larangan impor produk kelapa sawit Indonesia dan Malaysia ke negara – Negara maju, khususnya Uni Eropa. Uni Eropa dengan regulasi European Union – Emission Trading Scheme (EU – ETS) menganggap bahwa produk kelapa sawit dari Indonesia dan Malaysia tidak sesuai dengan regulasi yang ada di kawasan Uni Eropa. Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) sebagai asosiasi yang didirikan oleh beberapa stakeholders industri kelapa sawit berbagai negara mengeluarkan sertifikasi dengan standar internasional dengan mengedepankan faktor keamanan lingkungan dan sustainable development didalam industri kelapa sawit, sehingga dengan standar tersebut menjadi sebuah kunci bagi Indonesia dan Malaysia untuk memasuki pasar Uni Eropa. Peran RSPO sebagai asosiasi yang memiliki standar sertifikasi internasional memudahkan para stakeholders industri kelapa sawit untuk mendapatkan kepercayaan akan produknya di kalangan internasional, khususnya di kawasan Uni Eropa dengan regulasi EU – ETS. Kerjasama melalui RSPO ini dapat dilihat melalui teori peran di mana RSPO memiliki peran untuk meningkatkan komoditi ekspor bagi industri kelapa sawit Indonesia dan Malaysia untuk membuka peluang di dalam pasar Uni Eropa sehingga komoditi `ekspor ke dua negara meningkat di dalam pasar Uni Eropa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI. 39/13 Sam p
Uncontrolled Keywords: INDUSTRI
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
INDRY YANY SYAHBUN SAMAUNA, 070810723UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLilik Salamah, Msi, MsiUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 11 Nov 2013 12:00
Last Modified: 31 Aug 2016 10:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16408
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item