EKSPOR SAMPAH ELEKTRONIK (E-WASTE) INGGRIS KE NIGERIA: KEUNTUNGAN EKONOMI DIBALIK TRANSFER POLUSI

TSABITAH SHABRINA ALFANANI, 070912057 (2013) EKSPOR SAMPAH ELEKTRONIK (E-WASTE) INGGRIS KE NIGERIA: KEUNTUNGAN EKONOMI DIBALIK TRANSFER POLUSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-alfananits-31573-10.-abst-k.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-alfananits-28081-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan terkait perdagangan sampah elektronik (e-waste) antarnegara telah menjadi perhatian dunia. E-Waste yang merupakan sampah elektronik yang sudah tidak terpakai ternyata memiliki keuntungan yang menggiurkan sekaligus berdampak negatif apabila tidak ditangani sesuai standard. Diekspornya e-waste dari negara industri maju ke negara berkembang mengindikasikan terjadinya unequal exchange terhadap lingkungan dan kesehatan manusia di negara berkembang akibat proses manajemen e-waste yang tidak memadai. Inggris tercatat sebagai negara dengan ekspor e-waste terbesar ke Nigeria yang umumnya misslabelled atau dikirim dengan dalih bantuan kemanusiaan. Hal tersebut tentunya tidak sejalan dengan tingginya komitmen Uni Eropa dan Inggris terkait kampanyekampanye keberlangsungan lingkungan serta ditandatanganinya Konvensi Basel yang mewajibkan tiap negara anggota untuk memperlakukan komoditas sampah elektronik dengan cara yang ramah lingkungan serta memastikan agar negara berkembang tidak djadikan sasaran pembuangan sampah elektronik. Menggunakan teori sistem negara, race to the bottom dan pollution haven, penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor keuntungan ekonomi (dalam proses ekspor dan upaya menghindari biaya recycling) dan lemahnya kapasitas Nigeria sebagai negara penerima e-waste (ekonomi, politik, keamanan dan kesejahteraan negara) merupakan alasan yang mendasari Inggris untuk tetap mengekspor e-waste ke Nigeria ditengah tingginya komitmen dan ketatnya environmental law di Inggris dalam hal environmental sustainability.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI. 40/13 Alf e FULLTEXT TIDAK LENGKAP
Uncontrolled Keywords: SAMPAH ELEKTRONIK (E-WASTE)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
TSABITAH SHABRINA ALFANANI, 070912057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorVinsensio MA Dugis, Ph.D., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 11 Nov 2013 12:00
Last Modified: 31 Aug 2016 10:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16409
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item