PENGARUH NUKLIR IRAN TERHADAP EKSISTENSI ISRAEL DI KAWASAN TIMUR TENGAH

Ali Zainal Abidin, 070517941 (2013) PENGARUH NUKLIR IRAN TERHADAP EKSISTENSI ISRAEL DI KAWASAN TIMUR TENGAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-abidinaliz-28093-9.abstr-k.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-abidinaliz-28093-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Iran merupakan salah satu negara di Timur Tengah yang saat ini menjadi suatu dinamika tersendiri di kawasan tersebut dan di dunia, sejak zaman pemerintahan Shah hingga revolisi Iran terjadi pada era Khumaeni dan sekarang Iran menjadi salah satu negara yang cukup di perhitungkan khususnya di kawasan Timur tengah. Terutama pengembangan nuklir iran yang saat ini sedang berlangsung membuat AS, Israel dan negara-negara Eropa merasa terancam karena Iran sendiri memiliki pengaruh yang cukup signifikan di dalam kawasan Timur Tengah. Dalam penulisan ini penulis menarik sebuah rumusan masalah bahwa bagaimana pengaruh pengembangan nuklir Iran terhadap eksistensi negara Israel di kawasan Timur Tengah? Untuk menjawab dari pertanyaan di atas dipakai beberapa konsep dan teori yaitu : threat perception theory, hegemony stability dan Balance of Power dalam penelitian ini penulis menggunakan peringkat analisis negara bangsa sebagai unit analisis dan unit eksplanasinya. Unit eksplanasinya adalah eksistensi Israel sedangkan unit analisinya adalah nuklir Iran. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah pembuktian hipotesis yang telah disusun penulis, yaitu keberadaan nuklir yang dikembangkan oleh Iran menjadi sebuah ancaman terhadap eksistensi dan hegemoni Israel di kawasan Timur Tengah. Untuk itu Israel dan sekutunya melakukan berbagai usaha untuk mencegah perkembangan nuklir oleh Iran agar eksistensi dan hegemoni Israel di kawasan Timur Tengah tidak terancam. Penelitian ini difokuskan pada konflik kedua negara antara Iran dan Israel. Rentang waktunya dimulai sejak dari pemerintahan Mahmoud Ahmadinejad hingga 2010 karena sejak rentan waktu itu pemerintah Iran mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang banyak menyudutkan Israel. Namun tidak menutup kemungkinan pengguna`an data sebelumsebelumnya apabila dirasa oleh peneliti dapat mendukung penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Library Research. Peneliti menggunakan data-data sekunder yang didapat dari berbagai sumber seperti media cetak, media elektronik, literatur-literatur, dan juga internet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI. 45/13 Abi p
Uncontrolled Keywords: NUKLIR IRAN
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1-9971 Electrical engineering. Electronics. Nuclear engineering
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Ali Zainal Abidin, 070517941UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM.Muttaqien, MAUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 12 Nov 2013 12:00
Last Modified: 01 Sep 2016 07:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16414
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item