ANALISIS KEBIJAKAN PROTEKSI UNI EROPA TERHADAP IMPOR DAGING SAPI AMERIKA SERIKAT

APSARI AULIA RACHMAWATI, 070912004 (2013) ANALISIS KEBIJAKAN PROTEKSI UNI EROPA TERHADAP IMPOR DAGING SAPI AMERIKA SERIKAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-rachmawati-28116-10.abst-k.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-rachmawati-28116-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Daging sapi merupakan hasil agrikultur Uni Eropa yang signifikan terhadap perekonomian Eropa. Karena itu, kebijakan-kebijakan yang dirancang dan diterapkan oleh Uni Eropa berkenaan dengan sektor ini dirancang untuk meningkatkan kualitas daging sapi yang aman dikonsumsi, bernutrisi, dan dengan harga yang terjangkau. Argumen tersebutlah yang kemudian mendasari munculnya regulasi Uni Eropa akan pelarangan impor daging sapi dari Amerika Serikat sejak tahun 1980-an. Beberapa penelitian oleh ilmuwan Eropa mengindikasikan bahwa daging sapi yang berasal dari Amerika Serikat mengandung hormon sintetis yang dapat mengakibatkan beberapa penyakit berbahaya, seperti kanker payudara dan menopause dini bagi wanita. Namun Amerika Serikat menganggap kebijakan tersebut merupakan bagian dari bentuk proteksi Uni Eropa terhadap industri daging sapi domestiknya. Dengan kata lain Uni Eropa memberlakukan hambatan perdagangan non-tarif. Pada penelitian ini penulis mengulas analisis mengenai kontroversi yang ditimbulkan dari kebijakan Uni Eropa berkaitan dengan sektor daging sapinya ini. Kerangka pemikiran yang akan digunakan oleh penulis adalah teori-teori perdagangan internasional, seperti teori oligopoli pasar dan proteksionisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI. 59/13 Rac a
Uncontrolled Keywords: KEBIJAKAN PROTEKSI
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
APSARI AULIA RACHMAWATI, 070912004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIrfa Puspita Sari, M.AUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 13 Nov 2013 12:00
Last Modified: 01 Sep 2016 09:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16428
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item