STIGMATISASI PADA PEBASKET LESBIAN (Studi Deskriptif Mengenai Stigmatisasi Kalangan Komunitas Basket Pada Pebasket Lesbian di Kalangan UKM Bola Basket Universitas Kota Surabaya)

PUTRI AYU RETNOWATI, 070810050 (2013) STIGMATISASI PADA PEBASKET LESBIAN (Studi Deskriptif Mengenai Stigmatisasi Kalangan Komunitas Basket Pada Pebasket Lesbian di Kalangan UKM Bola Basket Universitas Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-retnowatip-28253-6.abstr-k.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-retnowatip-28253-1.fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi atas munculnya fenomena lesbianisme sebagai sebuah subkultur dalam masyarakat, khususnya di kalangan komunitas basket di Kota Surabaya. Fenomena tersebut bertentangan dengan kebudayaan dominan yang dimiliki oleh masyarakat Kota Surabaya. Nilai dan norma yang beredar di masyarakat Kota Surabaya membuat mereka melakukan stigmatisasi terhadap para pebasket lesbian tersebut. Penelitian ini digunakan untuk menjawab dua masalah pokok, yaitu bagaimana masyarakat di kalangan komunitas basket melakukan kategorisasi terhadap pebasket lesbian dan bagaimana masyarakat di kalangan komunitas basket melakukan stigmatisasi terhadap pebasket lesbian yang tergabung dalam suatu Unit Kegiatan Mahasiswa Bola Basket. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori stigma yang dikemukakan oleh Erving Goffman. Penelitian ini merupakan suatu penelitian etnografi yang bersifat deskriptif dengan menggunakan data kualitatif. Penggalian data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan beberapa data sekunder yang mendukung penelitian ini, seperti buku-buku, browsing internet, dan penelitian sebelumnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat di kalangan komunitas basket memiliki empat proses dalam menstigmatisasi pebasket lesbian di kalangan UKM Bola basket Kota Surabaya. Empat proses tersebut yaitu dengan memahami fenomena lesbianisme, melakukan kategorisasi terhadap pebasket lesbian, memberikan stigma bagi para pebasket lesbian tersebut serta memberikan respon dan sikap dalam menaggapi lesbianisme yang ada di sekitar lingkungan mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT 18/13 Ret s
Uncontrolled Keywords: SUBKULTUR
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
PUTRI AYU RETNOWATI, 070810050UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Endah Kinasih, S.Sos. M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 19 Nov 2013 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 01:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16440
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item