MAKNA GAME ONLINE BAGI GAMERS DI SURABAYA

Arsyie Akbar, 070810415 (2013) MAKNA GAME ONLINE BAGI GAMERS DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-akbararsyi-28267-6.abstr-k.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FISIP1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara berkembang dimana teknologi dan informasi sudah dapat diakses dengan cepat dan mudah. Hal ini yang tentunya membuat perkembangan dibidang apapun tidak dapat dihindarkan, termasuk perkembangan game online yang sudah pasti mengikuti perkembangan teknologi. Permainan terus berkembang dan terus berinovasi dari permainan tradisional hingga menjadi permainan modern yang sering kita sebut dengan game online. Dalam kehidupan sehari-hari kita bisa banyak menjumpai permainan modern ini dimanapun karena game online, khususnya game Dota sendiri sudah berkembang pesat dan menyebar ke seluruh penjuru dunia, bahkan di negara Indonesia. Tentunya, permainan modern bukanlah hanya sedekar permainan, namun sudah menjadi bagian hidup dari pemainnya atau yang sering disebut dengan gamers. Untuk itu, peneliti ingin mengetahui apa saja makna game online bagi para pemainnya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, perlu dilihat dua faktor yang mendasarinya, yaitu yang pertama adalah simbol-simbol apa saja yang muncul dan yang kedua yaitu hubungan antar simbol tersebut. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik wawancara secara mendalam dan observasi yang dilakukan ditempat para gamers bermain, yaitu di warnet. Informan yang dipilih adalah gamers dengan usia remaja atau usia mahasiswa. Terdapat simbol-simbol di dalamnya yang saling berhubungan, misalnya pada simbol kompetisi dan kerjasama, dimana simbol-simbol ini terkait antara satu simbol dengan simbol yang lain sehingga menghasilkan suatu makna. Hubungan antara simbol-simbol menghasilkan suatu makna yang berhubungan dengan kehidupan para gamers. Selain itu, makna tersebut merupakan hasil dari proses pembelajaran dan proses adaptasi ketika bermain game Dota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT 26/13 Akb m
Uncontrolled Keywords: GAME ONLINE
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology(General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Arsyie Akbar, 070810415UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurcahyo Tri Arianto, Drs., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2013 12:00
Last Modified: 12 Aug 2016 09:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16449
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item