Peran Kerabat Suku Bangsa Madura (Studi Deskriptif Pengumpul Besi Tua Suku Bangsa Madura Di Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya)

Arienta Dian Puspita, 070917080 (2013) Peran Kerabat Suku Bangsa Madura (Studi Deskriptif Pengumpul Besi Tua Suku Bangsa Madura Di Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-puspitaari-28287-6.abstr-k.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FISIP15.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peran kerabat pada Suku Bangsa Madura sangat erat kaitannya dengan berbagai aspek dalam kehidupannya, termasuk pada aspek ekonomi. Kerabat sebagai posisi yang dimiliki dalam masyarakat secara ascribed memiliki suatu fungsi yang diharapkan bagi kerabat lainnya. Kerabat berasal dari "settong dhere" dinilai memiliki suatu ikatan emosional dalam arti ikatan kesukubangsaan diantara masyarakat Suku Bangsa Madura. Peran kerabat pada pengusaha pengumpul besi tua Suku Bangsa Madura di Kecamatan Bubutan. Mengidentifikasi dan menganalisis peran kerabat Suku Bangsa Madura yang memberikan kontribusi dalam pengelolahan usaha pengumpul besi tua. Penelitian ini bersifat deskriptif. Informan adalah para pengusaha pengumpul besi tua Suku Bangsa Madura dan pekerjanya sebanyak 19 orang di Kecamatan Bubutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peran kerabat yang masih sangat dominan memberikan kontribusinya terhadap usaha yang dimiliki oleh kerabatnya, yaitu pengusaha besi tua Suku Bangsa Madura di Kecamatan Bubutan. Terdapat struktur dan fungsi berkaitan dengan kerabat yang dimiliki. Kerabat yang dimiliki memberikan perannya dalam hal modal, tenaga kerja serta pada proses pendistribusian besi tua kepada pihak-pihak yang terkait.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT 42/13 Pus p
Uncontrolled Keywords: SUKU BANGSA
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Arienta Dian Puspita, 070917080UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjoko Adi Prasetyo, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2013 12:00
Last Modified: 16 Aug 2016 02:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16465
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item