MODEL MANAJEMEN PELAYANAN KESEHATAN DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS)( Studi Deskriptif tentang Model Manajemen Pelayanan Kesehatan dalam Perspektif Sistem di PUSKESMAS Gayungan Surabaya )

Yufita Miftachurrochmah, 070810094 (2013) MODEL MANAJEMEN PELAYANAN KESEHATAN DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS)( Studi Deskriptif tentang Model Manajemen Pelayanan Kesehatan dalam Perspektif Sistem di PUSKESMAS Gayungan Surabaya ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-miftachurr-28325-8.abstr-i.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (999kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemberian pelayanan terbaik merupakan tugas bagi setiap instansi ataupun organisasi baik itu swasta maupun pemerintah. Sedangkan pelayanan publik merupakan salah satu urusan penting yang menjadi perhatian oleh seluruh masyarakat di dunia. Setiap penyelenggaraan pelayanan publik, dalam bidang kesehatan khususnya, sangat sering disorot. Setiap pelayanannya selalu di kritik dan dicari titik kekurangannya. Untuk itulah maka pemerintah selaku pemberi layanan sangat memperhatikan bagaimana pelayanan kesehatan yang harus mereka berikan kepada masyarakat. Salah satu cara untuk memperbaiki pelayanan kesehatan tersebut yaitu dengan memperhatikan bagaimana manajemen pelayanan yang diterapkan untuk melayani masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan model manajemen pelayanan kesehatan di Puskesmas Gayungan berdasar pada teori sistem. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik penentuan informan secara purposive. Data diperoleh dari wawancara mendalam dan dokumentasi. Proses analisa data dilakukan dengan mengelompokkan serta mengkombinasikan data yang diperoleh, dan juga menetapkan serangkaian hubungan keterkaitan antara data tersebut. Sedangkan validitas data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model manajemen pelayanan yang diterapkan di Puskesmas Gayungan adalah model yang diadopsi dari model yang dikembangkan oleh Ratminto (2000), yang dikembangkan dari model segitiga pelayanan Albrecht dan Zemke (1990) namun di Puskesmas Gayungan tidak ada campur tangan pihak media, LSM, Organisasi Profesi, serta Ombudsman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.26/13 Mif m
Uncontrolled Keywords: MANAGEMENT SERVICE ; PELAYANAN KESEHATAN
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Yufita Miftachurrochmah, 070810094UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH. Jusuf Irianto, Prof. Dr., M.Com.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2013 12:00
Last Modified: 18 Aug 2016 03:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16473
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item